Keunggulan Pemeriksaan Ekokardiografi di Heartology

Heartology Cardiovascular Hospital – Heartology berkomitmen untuk memberikan pelayanan jantung dan pembuluh darah secara komprehensif yang didukung teknologi mutakhir terkini termasuk penanganan pemeriksaan ekokardiografi (echocardiography) sehingga menghasilkan medical outcome terbaik, membantu meningkatkan kualitas dan harapan hidup pasien. Salah satunya adalah pemeriksaan Ekokardiografi

Pengertian Ekokardiografi

Ekokardiografi merupakan pemeriksaan jantung non-invasif modern menggunakan gelombang suara (ultrasound). Beberapa struktur jantung yang akan terdeteksi melalui ekokardiografi adalah bilik, katup, otot, serta pembuluh darahnya.

Pemeriksaan ekokardiografi juga biasa disebut dengan USG jantung bagi sebagian orang awam. Karena sama-sama digunakan dalam skrining jantung, pemeriksaan elektrokardiografi (EKG) dan ekokardiografi sering kali dianggap sama, walaupun sebenarnya berbeda untuk fungsi maupun teknik pemeriksaannya.

Jenis Ekokardiografi

Ekokardiografi adalah tes kesehatan yang dibedakan menjadi 4 jenis. Penjelasan dari 4 jenis ekokardiografi adalah sebagai berikut:

1. Transthoracic Echocardiogram (TTE)

Transthoracic echocardiogram atau TTE merupakan jenis ekokardiografi yang paling umum digunakan untuk memeriksa kondisi jantung.

Prosedur TTE dilakukan dari luar tubuh pasien, yaitu dengan menggunakan alat transduser di bagian dada. Sebelum itu, kulit bagian dada pasien akan dioleskan dengan gel khusus terlebih dahulu.

Cara TTE ini cukup mirip dengan USG janin pada seorang wanita yang sedang hamil. Nantinya, alat transduser ini akan merekam gelombang suara dari dada pasien dan menghasilkan gambaran jantung pada monitor yang terhubung.

2. Transesophageal Echocardiogram (TEE)

TEE atau transesophageal echocardiogram merupakan jenis ekokardiografi yang sedikit berbeda dengan TTE.

Ya, TEE dilakukan dengan memasukkan transduser melalui mulut pasien. Kemudian, alat tersebut akan didorong hingga sampai tenggorokan.

Dengan begitu, tangkapan gambar struktur jantung dapat terlihat dengan lebih jelas.

Umumnya, transesophageal echocardiogram akan digunakan apabila pemeriksaan TTE tidak dapat menghasilkan gambar struktur jantung yang cukup jelas.

3. Stress Echocardiogram

Jenis ekokardiografi selanjutnya yaitu stress echocardiogram. Stress echocardiogram merupakan pemeriksaan yang dilakukan pada pasien saat beraktivitas.

Ada beberapa kelainan atau penyakit jantung yang terlihat gejalanya ketika seseorang sedang beraktivitas, salah satunya yaitu penyakit jantung koroner sehingga diperlukan pemeriksan diagnostik ini untuk hasil yang lebih akurat.

Pada pemeriksaan echo ini, pasien biasanya diminta berjalan di atas treadmill atau menggunakan sepeda statis setelah dipasangkan alat-alat echo

4. 3D Echocardiography

3D echocardiography adalah pemeriksaan struktur jantung yang menghasilkan gambar tiga dimensi.

Dalam beberapa kasus, dokter akan menyarankan 3D ekokardiografi karena dapat memberikan akurasi yang lebih optimal daripada ekokardiografi standar.

3D echocardiography juga umum digunakan dalam prosedur pembedahan katup jantung.

Efek Samping setelah Pemeriksaan Ekokardiografi

Ekokardiografi adalah tindakan medis yang aman dan cenderung tidak sering menyebabkan efek samping pada pasiennya.

Namun, efek samping ini mungkin saja terjadi pada kasus tertentu. Berikut di antaranya:

  • Timbul rasa perih setelah elektroda atau alat yang menunjang echo dicabut dari dada
  • Sakit tenggorokan setelah melakukan transesophageal echocardiogram
  • Pusing, lemas, atau mual setelah melakukan stress echocardiogram
  • Timbul rasa gatal atau reaksi alergi lain setelah diolesi gel khusus sebelum dilakukan echo

Kesimpulan

Kesimpulannya, ekokardiografi adalah tindakan medis yang biasa dilakukan oleh dokter untuk mengevaluasi fungsi jantung pasien. Apabila ingin melakukan pemeriksaan echo, Anda dapat mengunjungi Heartology Cardiovascular Hospital

Gabungan dokter spesialis dan peralatan medis berteknologi canggih yang dimiliki, Heartology Cardiovascular Hospital adalah pusat Kesehatan jantung unggulan yang siap memberikan pelayanan kesehatan berkualitas untuk masyarakat Indonesia.

Heartology terus berkomitmen memberikan pelayanan jantung dan pembuluh darah secara komprehensif dengan dukungan teknologi mutakhir, menghasilkan medical outcome terbaik, dan membantu meningkatkan kualitas serta harapan hidup pasien. Sebuah rumah sakit khusus jantung dan pembuluh darah yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia.

Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)

Tim Dokter:

Jika Anda memiliki masalah kesehatan terkait dengan penjelasan diatas, segera konsultasi ke dokter spesialis jantung, silahkan daftar di sini

Alamat:

Heartology Cardiovascular Hospital

Jl. Birah III No.4 Kebayoran Baru

Jakarta Selatan, 12180

Ditinjau oleh:

dr. Harmeni Wijaya, MD

Marketing Director

Heartology Cardiovascular Hospital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *