Hal yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Tindakan Ablasi Jantung
May 22, 2023
Detak Jantung Normal Sesuai Dengan Usia
May 23, 2023

Mengenal Stress Test EKG, Ini Tujuannya

Heartology Cardiovascular Hospital – Sering disebut sebagai stress test jantung, stress test EKG mempunyai tujuan untuk mengetahui tanggapan jantung pada tekanan saat Anda melakukan kegiatan fisik. Biasanya, tes ini dilakukan untuk mengetahui seberapa parah gangguan arteri koroner dan kebugaran fisik.

Jantung merupakan organ penting yang harus Anda jaga kesehatannya. Hal ini karena organ tersebut mempunyai fungsi yang penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu, jantung juga sangat rentan mengalami berbagai masalah kesehatan. Jadi, salah satu pemeriksaan yang disarankan dokter untuk jantung yaitu stress test.

Mempunyai sebutan stress test jantung, karena pemeriksaan tes stres EKG ini mempunyai tujuan utama untuk mengetahui bagaimana respons jantung pada tekanan ketika Anda sedang melakukan kegiatan secara fisik. Biasanya, dokter akan menggunakan tes ini untuk melihat tingkat keparahan penyakit arteri koroner dan kondisi kebugaran fisik. 

Mengenal Stress Test EKG, Ini Tujuannya

Secara garis besar, tujuan dari melakukan pemeriksaan stress EKG diantaranya, yaitu:

  • Melihat pasokan darah yang mengalir pada jantung saat seseorang sedang melakukan aktivitas fisik.
  • Mengetahui gangguan irama jantung dan aktivitas listrik dalam organ jantung.
  • Melihat seberapa baik kinerja katup jantung.
  • Mengetahui tingkat seberapa parah gangguan arteri koroner yang terjadi.
  • Melihat tingkat efektivitas rencana penanganan penyakit jantung yang telah berlangsung.
  • Menentukan batas dari latihan fisik yang aman sebelum mulai untuk melakukan rehabilitas jantung karena tindakan operasi maupun serangan jantung.
  • Melihat tekanan darah dan denyut jantung.
  • Menilai kondisi kebugaran fisik seseorang. 

Siapa yang Harus Melakukan Stress Test EKG?

Biasanya, dokter akan menyarankan pasien untuk melakukan stress test EKG apabila mereka mengalami kondisi, seperti:

  • Ada riwayat anggota keluarga yang mempunyai masalah pada kesehatan jantung.
  • Pasien dengan diagnosis penyakit jantung koroner. Anda bisa mencari tahu apa itu penyakit jantung koroner untuk mengetahui apa saja gejala dari penyakit jantung ini. 
  • Dokter menduga ada masalah pada kesehatan jantung karena gejala yang timbul, seperti nyeri di area dada, detak jantung yang tidak teratur, mengalami sesak napas, dan lain-lain.
  • Seseorang yang memiliki kebiasaan merokok.
  • Ada riwayat tekanan darah dan kolesterol tinggi, bahkan penyakit kencing manis. 

Hasilnya Bagaimana?

Hasil dari pemeriksaan stress EKG akan mennampilkan keterangan normal dan tidak normal. Jika hasil pemeriksaan mengatakan bahwa jantung berfungsi secara normal, dokter biasanya tidak akan menyarankan pemeriksaan lanjutan. 

Tapi, jika hasilnya normal, namun Anda merasakan gejala yang timbul semakin memburuk, maka dokter akan merekomendasikan untuk melakukan stress test nuklir atau bentuk pemeriksaan stress lain menggunakan alat EKG sebelum dan setelah berlatih. 

Meski demikian, dokter juga bisa meresepkan obat untuk membantu meningkatkan aliran darah yang menuju ke jantung. 

Apakah Ada Risiko Terkait Test Stres EKG?

Stress test EKG cukup aman, tapi tidak berbeda dengan jenis tes seperti umumnya, pemeriksaan ini juga tidak terlepas dari beberapa risiko yang pastinya harus Anda ketahui. Risikonya antara lain, seperti:

  • Mengalami tekanan darah rendah, kondisi saat tekanan darah Anda menurun secara signifikan setelah melakukan olahraga dengan intensitas yang ringan. Hal ini dapat membuat Anda merasa pusing, hingga pingsan. 
  • Detak jantung yang tidak normal atau aritmia yang dapat terjadi saat Anda melakukan pemeriksaan ini, namun akan hilang setelah berhenti.
  • Mengalami serangan jantung. Kondisi ini biasanya jarang terjadi, tapi bukan tidak mungkin akan timbul saat Anda melakukan pemeriksaan ini. 

Jadi, pastikan Anda berdiskusi dengan dokter ahli sebelum melakukan stress test EKG. Anda juga harus mengetahui apa saja hal yang harus dipersiapkan, bagaimana prosedurnya, dan apa yang harus Anda lakukan setelah menjalani stress test ini. 

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai rumah sakit jantung dengan tim dokter spesialis jantung yang intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)