Juli 17, 2023
Juli 17, 2023

Waktu untuk Sembuh Sepenuhnya dari Operasi Bypass Jantung

Heartology Cardiovascular Hospital - Operasi bypass jantung atau CABG merupakan operasi yang melibatkan pengalihan aliran darah di area arteri yang tersumbat atau menyempit untuk meningkatkan aliran darah ke jantung. Prosedur ini terdiri dari memotong bagian pembuluh darah yang sehat dari kaki, lengan atau dada dan menghubungkannya di luar pembuluh darah yang tersumbat di jantung. 

Tujuan utama dari tindakan ini bukan untuk menyembuhkan penyakit jantung dari akarnya, tapi meringankan gejala seperti nyeri dada atau sesak napas. Hal ini mengarah pada penyempurnaan fungsi jantung serta mengurangi risiko kematian karena masalah kesehatan jantung. 

Waktu pemulihan pasca CABG

Pasca operasi bypass jantung dilakukan, biasanya dibutuhkan waktu 10 hingga 15 tahun untuk sepenuhnya bebas dari gejala. Akan tetapi, perawatan yang tepat tidak diambil, ada kemungkinan akumulasi zat lemak pada cangkok pembuluh baru, sehingga mengarah pada kebutuhan operasi yang lain. Ada beberapa faktor yang menentukan waktu pemulihan pasca operasi:

  • Kondisi medis umum - Ini merupakan faktor yang paling signifikan untuk menentukan periode pemulihan. Apabila pengidap sudah lama sakit dengan tingkat kekebalan yang menurun, tentu akan sulit untuk pulih dari operasi.
  • Berat badan – Bagi pasien yang kelebihan berat badan memerlukan lebih banyak waktu untuk pulih dari operasi.
  • Merokok - Pasien yang merokok, terutama perokok berantai lebih rentan memerlukan waktu lebih lama untuk pulih pasca operasi.
  • Jenis operasi - Operasi bisa berupa operasi jantung terbuka atau invasif minimal. Tergantung pada jenis prosedur yang Anda jalani, Anda akan tinggal di unit perawatan intensif.

Tips untuk Sembuh dari Operasi

Merawat Luka Operasi Bypass Jantung

Luka operasi harus dijaga agar tetap bersih dan kering. Pasien harus mulai mandi pada beberapa hari pasca operasi. Anda harus berkonsultasi dengan dokter apabila salah satu dari tanda-tanda berikut diperhatikan:

  • Peningkatan drainase atau mengalir
  • Menarik tepi yang terpisah
  • Peningkatan suhu permukaan kulit di sekitar luka operasi
  • Kemerahan di area luka
  • Demam lebih dari 100 F
  • Retak atau perpindahan di tulang dada

Sakit

Anda mengambil semua obat nyeri seperti yang diresepkan oleh dokter. Tanda-tanda seperti gatal-gatal, pengencangan kulit, dan mati rasa di area operasi terlihat sangat normal.

Selain itu, apabila Anda sudah menjalani operasi bypass, Anda mungkin akan merasakan lebih banyak rasa sakit di kaki daripada di dada karena cangkok sudah diangkat melalui operasi dari bagian tersebut. Gejala-gejala ini biasanya sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Bentuk olahraga ringan biasanya akan membantu. 

Aktivitas fisik

Selama beberapa minggu pertama, latihan yang sangat ringan perlu dilakukan. Anda harus menahan diri dari berdiri selama lebih dari 15 menit kemudian mengangkat beban yang lebih berat dari 10 pon.

Jangan mendorong atau menarik benda yang berat juga. Dianjurkan untuk berjalan kaki setiap hari. Selain itu, Anda juga harus mengikuti panduan yang diberikan pada Anda dalam program rehabilitasi jantung.

Perubahan Diet

Pasien harus memakan makanan yang sehat dan bergizi. Sangat penting untuk makan dalam porsi kecil dan sering selama beberapa waktu pasca operasi. Apabila hampir tidak ada peningkatan nafsu makan untuk waktu yang lama setelah operasi, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. 

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman dan didukung oleh peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, hingga aritmia. (RF)