Renal Denervation dalam Intervensi Kasus Hipertensi Persisten di Heartology Bersama dr. Faris Basalamah
Juli 6, 2023
Apa itu Penyakit Katup Jantung?
Juli 7, 2023

Penanganan Terbaik Pasang Ring Jantung di Heartology Bersama dr. Dicky Armein Hanafy

Heartology Cardiovascular Hospital - Penyakit jantung koroner umumnya muncul karena faktor yang tidak dapat dikontrol seperti usia, riwayat keluarga, maupun faktor yang bisa dikontrol seperti gaya hidup yang tidak sehat. Jika sudah mengidap penyakit jantung koroner, maka pengobatan medis terhadap penyakit ini perlu dilakukan, misalnya dengan tindakan Pasang Ring Jantung di Heartology.

Efek Samping Pasang Ring Jantung di Heartology yang Harus Diketahui

Sama seperti jenis operasi lain, ada efek samping yang mungkin muncul pasca tindakan pasang ring jantung ini.

Biasanya, efek samping pasang ring jantung di Heartology tidak perlu dikhawatirkan karena lebih ringan dan dapat disembuhkan dengan mudah. Beberapa efek samping yang perlu diketahui, yaitu:

1. Infeksi

Kemungkinan akan timbul risiko infeksi luka, dan kecil kemungkinan infeksi paru-paru, infeksi kandung kemih, serta infeksi katup jantung (endokarditis) pasca pasang ring jantung. Mungkin Anda akan diberi antibiotik untuk mengurangi risiko ini.

2. Pendarahan

Ring jantung dipasang untuk memperlancar aliran darah yang keluar masuk jantung, terkadang operasi juga dilakukan untuk menghentikan pendarahan berlebih karena pemasangan ring jantung.

3. Pembekuan Darah

Hal ini mungkin akan terjadi apabila Anda pernah melakukan penggantian katup jantung mekanis. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda akan diberikan obat antikoagulan sejak awal apabila dokter mencurigai bahwa Anda berisiko mengalami pembekuan darah pasca operasi.

4. Serangan Iskemik Transien atau Stroke

Pasang ring jantung juga dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke atau serangan iskemik transien. Kondisi tersebut ditandai dengan menyempitnya suplai darah dari jantung ke otak.

5. Ring Menjadi Aus

Risiko atau efek samping ini lebih mungkin akan terjadi kepada pasien yang sudah lama melakukan pemasangan ring jantung. Dalam waktu yang cukup lama, ring bisa menjadi aus.

Jika begitu, maka Anda harus melakukan prosedur medis sekali lagi untuk mengganti ring lama dan menggunakan ring yang baru.

6. Gangguan Irama Jantung (aritmia)

Risiko ini mempengaruhi sebagian kecil pasien pasca pemasangan ring jantung yang dapat terjadi seiring waktu.

Sebanyak 1-2 persen orang harus mempunyai alat pacu jantung yang dipasang untuk mengendalikan detak jantung setelah menjalani operasi.

7. Masalah Ginjal

Mungkin ginjal tidak akan bekerja seperti biasanya selama beberapa hari pertama pasca pasang ring jantung. Pada beberapa kasus, mungkin akan dilakukan dialisis sementara.

Pemasangan ring jantung jarang memiliki komplikasi yang berakibat fatal. Secara keseluruhan, risiko kematian karena operasi ini sekitar 1 persen bila terjadi banyak komplikasi.

Profil Dr. dr. Dicky Armein Hanafy, Sp.JP (K)

dr. Dicky Armein Hanafy, Sp.JP (K) adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang kemudian menempuh pendidikan Innere Medizin, Kardiologie, und Angiologie UniversitatsKlinikum Münster Westfallische Wilhelms-Universität, Münster, Jerman. Sebelumnya, ia juga pernah mendapat sertifikat Educational Commission for Foreign Medical Graduates (ECFMG) Amerika Serikat.

Pada kurun waktu 2003-2006, dr. Dicky Armein Hanafy menjadi Interventional Cardiology Fellow Herz & Gefäss Klinik, Bad Neustadt an der Saale, Jerman. Ia juga pernah menjadi research fellow di Divisi Cardiology and Cardiovascular Research Center, Veterans General Hospital Taipei, Taiwan.

dr. Dicky Armein Hanafy saat ini merupakan konsultan elektrofisiologi jantung dan kardiologi intervensi di Heartology Cardiovascular Hospital.

Selain praktik dan mengajar, dr. Dicky Armein Hanafy juga aktif melakukan penelitian. Beberapa publikasi ilmiahnya sudah diterbitkan di European Journal of Pharmacology dan Journal of Cardiovascular and Electrophysiology.

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)