Renal Denervation dalam Intervensi Kasus Hipertensi Persisten di Heartology Bersama dr. Faris Basalamah

Heartology Cardiovascular Hospital – Hipertensi menjadi penyakit penyumbang angka terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Menurut WHO, diperkirakan 1,13 miliar populasi dunia menderita hipertensi. Kondisi hipertensi yang tidak terkendali dapat mengakibatkan penyakit jantung, stroke dan ginjal. Oleh karena itu, Heartology Cardiovascular Hospital menghadirkan prosedur untuk mengatasi Hipertensi persisten dengan Renal Denervation (RDN)

Prosedur Renal Denervation (RDN) oleh dr. Faris Basalamah

Tindakan denervasi ginjal merupakan prosedur yang dikembangkan sebagai tatalaksana baru dalam upaya mengendalikan tekanan darah. Metode ini merupakan cara invasif dengan menumpulkan persarafan ginjal yang berperan penting dalam kenaikan tekanan darah. Hal ini penting mengingat kontrol saraf ginjal berperan besar dalam pengaturan volume darah dan natrium, yang secara tidak langsung terlibat dalam tekanan darah seseorang.

Jalannya Prosedur RDN

Untuk menjalankan prosedur RDN ini, pasien umumnya tidak memerlukan persiapan khusus kecuali berpuasa 4 jam sebelum tindakan. Saat tindakan dikerjakan, seutas selang kateter kecil dimasukkan melalui pembuluh darah di paha, kemudian diarahkan menuju ginjal – dimana ujung kateter akan menembakkan energi radio frekuensi untuk memotong jalur persinyalan saraf (denervasi) di sekitar ginjal yang dianggap terlalu aktif pada penderita hipertensi. Lama waktu pengerjaan umumnya sekitar 1 jam dan pasien tidak perlu menginap di rumah sakit terlalu lama setelahnya.

Risiko Tindakan RDN

Cara penyembuhan baru ini tergolong aman dan cepat, serta merupakan salah satu alternatif bagi penderita hipertensi yang sulit dikendalikan atau terkendala konsumsi obat-obatan jangka panjang. Jangan takut untuk berkonsultasi dengan dokter Faris Basalamah, dr. Denio Ridjab dan dr. Dafsah Juzar di Heartology terkait prosedur ini dan berbagai alternatif dalam penanganan hipertensi.

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)

Tim Dokter:

Jika Anda memiliki masalah kesehatan terkait dengan penjelasan diatas, segera konsultasi ke dokter spesialis jantung, silahkan daftar di sini

Alamat:

Heartology Cardiovascular Hospital

Jl. Birah III No.4 Kebayoran Baru

Jakarta Selatan, 12180

Ditinjau oleh:

dr. Harmeni Wijaya, MD

Marketing Director

Heartology Cardiovascular Hospital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *