Apa Itu Aorta? Ini Pengertian dan Fungsinya
June 6, 2022
Mengenal Ablasi Aritmia Dan Jenisnya
November 29, 2022

Penyakit Jantung Bawaan Dan Cara Penanganannya

Apa Itu Penyakit Jantung Bawaan?

Penyakit Jantung Bawaan (PJB) atau Congenital Heart Disease (CHD) adalah penyakit jantung yang telah ada sejak lahir akibat pembentukan jantung yang tidak sempurna pada fase awal perkembangan janin di dalam kandungan. Dilaporkan angka kejadiannya sekitar 8 bayi dari 1000 kelahiran hidup dan 30% diantaranya telah menunjukan gejala pada awal minggu-minggu pertama kehidupan.

Penyakit jantung bawaan mengakibatkan gangguan aliran darah didalam ruang jantung sehingga darah yang dipompa tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Hal ini dapat disebabkan oleh gangguan pada katup, ruang jantung, septum (dinding penyekat antar ruang jantung), atau pembuluh darah dari dan ke jantung. gangguan aliran darah ini akan menimbulkan keluhan dan gejala pada penderitanya Cara Penanganan Penyakit Jantung Bawaan

Penanganan Penyakit Jantung Bawaan dapat dilakukan dengan bedah atau non bedah. Pada beberapa jenis PJB yang kompleks, mungkin tindakan bedah harus dilakukan beberapa tahap. Saat ini metode pilihan utama non bedah untuk menangani penyakit jantung bawaan tertentu adalah prosedur intervensi menggunakan kateter. Namun tidak semua dapat diatasi dengan intervensi non bedah. Jenis yang kompleks tetap memerlukan pembedahan.

Seiring kemajuan media, saat ini beberapa PJB dapat ditangani tanpa pembedahan. Intervensi kateter Zero Fluoroscopy (tanpa radiasi) memerlukan teknik mutakhir penanganan PJB tanpa radiasi dan pembedahan. Diketahui radiasi dapat menimbulkan efek jangka panjang baik untuk pasien maupun dokter dan tim laboratorium kateterisasi. Prosedur ini menggunakan bantuan sinar radiasi

Keuntungan Zero Fluoroscopy adalah dimana intervensi dilakukan tanpa radiasi. Sementara keuntungan intervensi non bedah adalah hari perawatan singkat, penggunaan anestesi serta obat-obatan lebih sedikit, bekas luka sayatan sangat kecil, serta biaya lebih efektif.

Heartology Cardiovascular Center hadir sebagai rumah sakit jantung dengan tim dokter spesialis jantung yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir, dapat menangani diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular dewasa dan anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman untuk memberikan layanan paripurna. (RF)