Penanganan Terbaik Pasang Ring Jantung Bersama dr. Puti

Heartology Cardiovascular Hospital – Penanganan terbaik pasang ring jantung adalah tindakan medis yang bertujuan untuk menangani masalah pada pembuluh darah koroner yang tersumbat maupun yang menyempit. Penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah koroner dapat terjadi akibat menumpuknya plak yang berasal dari kolesterol dan zat-zat lain. Sumbatan dapat mengganggu suplai oksigen yang dibutuhkan sel-sel jantung yang bisa menyebabkan rusaknya sel pada jantung sehingga tidak dapat berfungsi secara normal dan dapat mengakibatkan fatal (kematian mendadak).

Manfaat Pemasangan Ring Jantung

Ring jantung terbuat dari baja tahan karat atau campuran platinum kromium kobalt berbentuk tabung kecil seperti jaring kawat atau jala. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah ahli intervensi di Heartology Cardiovascular Center biasanya akan menempatkan ring secara permanen di dalam pembuluh darah koroner yang bermasalah, untuk memastikan aliran dalam pembuluh darah tetap lancar. Umumnya, terdapat lapisan obat pada ring jantung yang berfungsi untuk mencegah terbentuknya jaringan parut dan gumpalan darah (thrombus) pada pembuluh darah. Penanganan terbaik pasang ring jantung berfungsi untuk melancarkan aliran darah dan oksigen dengan cara memperbesar rongga pembuluh darah yang mengalami penyempitan atau penyumbatan. Perlu diketahui, pemasangan ring jantung tidak dilakukan pada semua pasien dengan penyakit jantung koroner, namun di sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pasien Sebelum dilakukan tindakan, dokter akan melakukan pemeriksaan secara detail terhadap pembuluh darah yang bermasalah untuk menentukan apakah kondisi pasien membutuhkan pemasangan ring jantung atau tidak. Adapun pemasangan ring jantung dapat menjadi pilihan pengobatan pada kondisi:
  • Pasien dengan keluhan nyeri dada (angina) yang berat
  • Pasien yang mengalami serangan jantung parah yang berakibat kerusakan fungsi jantung.
  • Pasien yang masih mengalami masalah pada jantung setelah gagal dengan berbagai pengobatan dan gaya hidup sehat

Prosedur Pemasangan Ring Jantung

Tindakan pemasangan ring jantung dilakukan di unit Cath Lab (laboratorium kateterisasi) Heartology yang canggih oleh dokter subspesialis intervensi jantung dan pembuluh darah. Prosedur pemasangan ring jantung menggunakan metode angioplasty. Pasien akan diminta untuk berbaring senyaman mungkin dan selama tindakan berlangsung pasien akan tetap terjaga (sadar). Pembiusan lokal dilakukan pada pangkal tangan atau sela paha di lokasi kateter yang akan dimasukkan bersama ring. Tindakan dilakukan dengan menggunakan pencitraan sinar-X untuk membantu mengarahkan kateter menuju jantung dan pembuluh darah koroner secara perlahan. Kemudian, dilakukan penyuntikan zat kontras untuk membantu melihat lebih jelas pembuluh darah yang menyempit atau tersumbat. Ketika sumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah koroner telah ditemukan, kateter balon akan dimasukkan pada titik tersebut untuk kemudian dikembangkan dengan tujuan melebarkan pembuluh darah yang mengalami masalah tadi. Setelah pembuluh darah menjadi lebar, ring jantung akan ditempatkan pada titik tersebut. Terakhir, kateter ditarik keluar dari tubuh dan meninggalkan ring jantung pada tempatnya untuk menjaga agar pembuluh darah tetap terbuka sehingga aliran darah koroner tetap lancar.

Perawatan Setelah Pemasangan Ring Jantung

Pemulihan pasca pemasangan ring jantung berlangsung singkat. Mayoritas pasien dapat kembali beraktivitas normal dan boleh pulang dalam waktu 24 jam setelah tindakan, (one day care) Dokter akan merekomendasikan beberapa obat-obatan untuk pemeliharaan ring jantung yang telah dipasang. Obat-obatan tersebut dikonsumsi selama beberapa bulan hingga satu tahun sesuai dengan kondisi pasien. Perlu diingat bahwa meski ring jantung sudah dipasang, pasien harus tetap menjaga pola hidup yang sehat seperti yang dianjurkan oleh dokter dan melakukan kontrolsecara berkala. Konsultasikan kesehatan jantung Anda dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Heartology Cardiovascular Center, atau jika Anda memiliki penyakit jantung koroner untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai prosedur ring jantung.

Profil Dokter Puti

Sebagai seorang dokter, dr Puti merupakan anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan sebagai kardiolog dr Puti adalah anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (Perki). Bahkan, di Perki dr Puti pernah menjadi pengurus Perki Jakarta. Ia juga masih tercatat sebagai anggota Perhimpunan Kardiologi Intervensi Indonesia. Di level internasional, dr Puti juga merupakan anggota Fellow of ASEAN Federation of Cardiology dan Fellow of Asia Pacific Society of Interventional Cardiology. Sejumlah publikasi ilmiah telah dihasilkan oleh dr Puti. Antara lain, Covid-19 dengan Komplikasi Cedera Jantung, Laporan Kasus yang dimuat di Jurnal Kardiologi Indonesia (2020). dr Puti juga menjadi pembicara dalam sejumlah forum kedokteran baik di dalam maupun luar negeri seperti di Korea Selatan, Taiwan, dan Amerika Serikat. Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF) Tim Dokter:
Alamat: Heartology Cardiovascular Hospital Jl. Birah III No.4 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, 12180 Ditinjau oleh: dr. Harmeni Wijaya, MD Marketing Director Heartology Cardiovascular Hospital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *