Penanganan Aritmia di Heartology bersama dr. Sunu Budhi Raharjo

Aritmia adalah gangguan yang terjadi pada irama jantung. Penderita aritmia bisa merasakan irama jantungnya terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur.

Sebenarnya, aritmia normal terjadi pada kondisi jantung yang sehat. Namun, bila terjadi terus menerus atau berulang, aritmia bisa menandakan adanya masalah pada organ jantung.

Jenis Aritmia

Menurut dr. Sunu Budhi Raharjo, ada beberapa jenis aritmia yang paling sering dijumpai:

  • Atrial fibrilasi, yaitu kondisi ketika jantung berdetak lebih cepat dan tidak teratur
  • AV blok, yaitu kondisi ketika jantung berdetak lebih lambat
  • Supraventrikular takikardi, yaitu kondisi ketika denyut jantung terlalu cepat
  • Ventrikel ekstra sistol, yaitu kondisi ketika ada denyutan lain di luar denyut normal
  • Ventrikel fibrilasi, yaitu kondisi ketika jantung hanya bergetar

Gejala Aritmia

Aritmia bisa terjadi tanpa menimbulkan gejala, sehingga kadang tidak disadari oleh penderitanya hingga saat berkonsultasi dengan dokter Sunu saat gejala mulai memberat. Gejala aritmia yang dapat muncul antara lain:

  • Jantung berdetak lebih cepat dari normal (takikardia)
  • Jantung berdetak lebih lambat dari normal (bradikardia)
  • Pusing
  • Pingsan
  • Cepat lelah
  • Sesak napas
  • Nyeri dada

Perlu diketahui, seseorang yang mengalami gejala di atas belum tentu mengalami aritmia. Oleh karena itu, pemeriksaan oleh dokter subspesialis khusus Aritmia (dokter EP) diperlukan agar dapat diketahui apa yang memicu gejala tersebut.

Kapan harus ke Dokter?

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dr Sunu di Heartology untuk mengetahui ada atau tidaknya aritmia, terutama bila Anda menderita hipertensi, gangguan tiroid, diabetes, penyakit jantung, atau pernah menjalani operasi jantung.

Hubungi kami untuk membantu Anda menjadwalkan konsultasi dengan dr. Sunu Budhi Raharjo, Sp.JP(K), PhD bila sering mengalami nyeri dada, sesak napas, dan jantung berdebar, terutama jika keluhan tersebut muncul secara tiba-tiba.

Kompetensi dan keahlian dr. Sunu juga diakui oleh organisasi profesi kedokteran di luar negeri. Ini dibuktikan dengan keanggotaan dr. Sunu pada, antara lain, subkomite ablasi elektrofisiologi dan subkomite riset dasar Perhimpunan Aritmia Asia Pasifik.

Sebanyak 16 publikasi ilmiah dr. Sunu Raharjo telah diterbitkan di jurnal peer-reviewed Medline. Belum lagi ada minimal 20 artikel ilmiah di jurnal nasional dan proceedings ilmiah.

dr. Sunu Raharjo juga menjadi penelaah sejumlah jurnal seperti jurnal CVD Prevention & Control dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jurnal Life Science, Acta Cardiologica Sinica milik Perhimpunan Aritmia Taiwan, dan Jurnal Kardiologi Indonesia milik PERKI.

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)

Tim Dokter:

Dr. dr. Dicky Armein Hanafy, Sp.JP (K) FIHA, FAsCC FA Innere Medizin u. Kardiologie (DE)

dr. Faris Basalamah, Sp.JP (K) FIHA, FAPSIC, FAsCC

dr. Sunu Budhi Raharjo, Sp.JP(K), PhD

Heartology Cardiovascular Hospital

Jl. Birah III No.4 Kebayoran Baru

Jakarta Selatan, 12180

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *