Operasi Aorta Bentall Tersulit di Dunia Bersama dr. Dicky Aligheri Wartono

Heartology Cardiovascular Hospital – Heartology Cardiovascular Hospital menjadi pusat penanganan jantung unggulan karena kemampuan tim dokter spesialis yang mumpuni dengan pengalaman dengan jam terbang yang tinggi di bidangnya, baik di dalam maupun di luar negeri.  Salah satu prosedur medis kegawatdaruratan jantung yang dilakukan adalah operasi aorta Bentall. Jenis operasi ini merupakan operasi tersulit di dunia untuk kasus jantung dan pembuluh darah.

Apa itu Operasi Aorta Bentall 

Aorta merupakan salah satu bagian jantung yang rentan mengalami masalah. Bagian ini merupakan arteri terbesar dalam tubuh yang berperan untuk mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Aorta bisa sobek secara tiba-tiba dan tidak menimbulkan gejala khas. Sobekan dapat disebabkan oleh pembengkakan aorta (aneurisma aorta) atau sobekan pada bagian dinding aorta (diseksi aorta). Diseksi aorta dan aneurisma aorta tidak dapat dibedakan berdasarkan gejala dan pemeriksaan fisik, sehingga pemeriksaan penunjang seperti CT scan jantung sangat diperlukan. Sobekan aorta dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera dioperasi dalam dua hingga tiga jam. Berdasar kondisinya, ada dua jenis aorta yang robek yaitu tipe A dan tipe B.

Prosedur Operasi Aorta Bentall

Sobekan aorta dapat diatasi dengan operasi aorta Bentall yang terdapat di Heartology Cardiovascular Hospital. Mengganti aorta asendens arch tak semudah mengganti katup atau pembuluh darah koroner. Sebab, untuk menggantinya, kondisi pembuluh darah tersebut harus benar-benar ‘bersih’ dari darah. Sebelum memulai prosedur operasi aorta Bentall, fungsi jantung dan paru-paru untuk sementara akan digantikan mesin pengganti (heart-lung machine) selama jalannya operasi. Penurunan suhu badan juga dilakukan untuk mengurangi aktivitas otak. Setelah suhu mencapai derajat yang dibutuhkan, darah pun mulai dikuras dari tubuh kecuali yang menuju ke otak. Prosedur Bentall ini sudah dilakukan di Heartology dan berhasil menyelamatkan banyak nyawa pasien dengan kondisi medis diseksi maupun aneurisma aorta, karena dapat terindentifikasi dengan cepat dan akurat. Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai rumah sakit jantung dengan tim dokter spesialis jantung yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir, dapat menangani diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular dewasa dan anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)

Tim Dokter:

dr. Dicky Aligheri Wartono, Sp.BTKV(K), FIHA, FICA dr. Akmal Alfaritsi Hamonangan, Sp.BTKV, FIHA, FICA
Jika Anda memiliki masalah kesehatan terkait dengan penjelasan diatas, segera konsultasi ke dokter spesialis jantung, silahkan daftar di sini Alamat: Heartology Cardiovascular Hospital Jl. Birah III No.4 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, 12180 Ditinjau oleh: dr. Harmeni Wijaya, MD Marketing Director Heartology Cardiovascular Hospital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *