Penanganan Tindakan Renal Denervation (RDN) di Heartology Bersama Tim Heartology
January 2, 2024
Penanganan Terkini Tindakan IVUS (Intravascular Ultrasound) di Heartology bersama dr. Denio Ridjab
January 9, 2024

Keunggulan Peranan Rotablator dalam Intervensi Koroner di Heartology Bersama dr. Dafsah

Heartology Cardiovascular Hospital - Peranan rotablator jantung adalah alat medis untuk mengikis plak pada pembuluh darah jantung yang mengeras akibat kalsifikasi sehingga mengakibatkan lumen pembuluh darah menyempit dan sulit untuk dilakukan pemasangan ring atau stent biasa. Ahli Rotablasi atau Rotablator jantung (rotational atherectomy) di Heartology, Dr. dr. Dafsah Arifa Juzar, Sp.JP (K) menjelaskan, terapi dengan Rotablator ini disarankan untuk pasien dengan jenis sumbatan yang tidak lagi bisa diatasi dengan teknik konvensional (balon dan stent), sehingga terapi dengan peranan rotablator dilakukan untuk mengikis sumbatan di pembuluh darah koroner, kemudian baru dimasukkan stent untuk membuka dan mengembalikan aliran darah normal ke jantung.

Mengapa Memerlukan Rotablator Jantung

Kita mengetahui bahwa penyebab penyakit jantung koroner adalah ateroklerosis yang menumpuk pada dinding pembuluh darah arteri jantung. Hal ini mengakibatkan suplai darah dan oksigen ke otot jantung berkurang, sehingga menyebabkan gangguan fungsi maupun kerusakan otot jantung. Kemungkinan terburuknya adalah terjadinya serangan jantung dan dapat menyebabkan kematian. Dr. dr. Dafsah Arifa Juzar, Sp.JP (K) dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Heartology Cardiovascular Hospital yang sangat ahli dalam prosedur Intervensi Koroner Perkutan (Percutaneous Coronary Intervention/ PCI) dimana prosedur ini dilakukan dengan memasukan stent/ring menggunakan kateter dari pembuluh darah di pergelangan tangan atau pangkal paha menuju jantung.

Stent/ring akan mengembang menggunakan balon guna menopang pembuluh darah yang tersumbat. Keahlian Dr. dr. Dafsah sebagai konsultan kardiologi intervensi dan intensivis jantung juga sudah tersertifikasi secara internasional dan sudah diakui kompetensinya, sehingga sering didaulat untuk menjadi pembicara ahli maupun pengajar di berbagai forum dalam negeri maupun internasional.

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia.

Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)