07 Sep 2021

KENALI BEDANYA KELELAHAN AKIBAT OLAHRAGA DENGAN SERANGAN JANTUNG

 

Efek dari rasa kelelahan kerap kali dikaitkan dengan gejala-gejala serangan jantung. Terlebih bagi orang yang suka berolahraga. dr. BRM Ario Soeryo Kuncoro, Sp.JP (K), Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Heartology Cardiovascular Center menjelaskan, bahwa meskipun gejalanya serupa, namun tanda kelelahan dan serangan jantung sangat berbeda. Kelelahan akibat berolahraga memiliki tahapan-tahapan tertentu dengan proses yang perlahan.

Pada saat tubuh kelelahan karena olahraga, setelah beristirahat tubuh berangsur membaik. Adakalanya rasa seperti sulit bernapas tubuh sedang berusaha mendapatkan oksigen. Kondisi pusing dan keringat pun normal dan tidak berkelamaan. Namun pada serangan jantung, rasa lelah tidak kunjung hilang meski sudah beristirahat. Selain itu juga disertai dengan sesak napas, keringat dingin bahkan sampai menggigil dan pusing yang disertai pandangan kabur seperti mau pingsan.

 

Jika Anda merasakan kelelahan yang disertai dengan gejala-gejala serangan jantung, segeralah periksakan diri ke dokter spesialis jantung. Kondisi ini akan dapat segera ditangani untuk meminimalisir kondisi yang lebih buruk. Heartology sebagai rumah sakit jantung yang memiliki Diagnostic Center sebagai salah satu dari 5 Center of Excellence dan mampu melakukan diagnostik penyakit secara akurat dan komprehensif.

Sumber : Suara.com

KEMBALI KE HALAMAN BERITA