Jenis-Jenis Serangan Jantung yang Harus Diwaspadai
August 3, 2023
Jantung Jakarta: Pusat Kesehatan Jantung Terkemuka di Ibukota
August 7, 2023

Jenis-Jenis Pasang Ring Jantung untuk Menangani Penyakit Kardiovaskular

Heartology Cardiovascular Hospital - Penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner, adalah masalah kesehatan serius yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Jenis pasang ring jantung atau prosedur angioplasti adalah salah satu metode penanganan yang sering dilakukan untuk mengatasi penyumbatan pada arteri koroner. Dalam artikel ini, kita akan membahas jenis-jenis pasang ring jantung yang digunakan dalam prosedur angioplasti. Simak di sini!

Jenis-jenis Pasang Ring Jantung

Stent Baja Tunggal

Stent baja tunggal merupakan jenis pasang ring jantung yang paling umum digunakan. Stent ini terbuat dari bahan stainless steel atau logam lain yang tahan terhadap korosi.

Selama prosedur angioplasti, stent ditempatkan di area arteri yang menyempit, kemudian diperluas untuk membuka penyumbatan. Stent akan tetap berada di tempatnya dan berfungsi sebagai penyangga untuk menjaga arteri tetap terbuka serta memungkinkan aliran darah yang lancar.

Stent Baja Berlapis Obat

Stent baja berlapis obat atau drug-eluting stent merupakan jenis stent yang dilapisi dengan obat-obatan. Setelah stent ditempatkan di arteri, obat-obatan yang terkandung dalam lapisan stent akan dilepaskan secara perlahan ke sekitar arteri.

Tujuan dari lapisan obat ini yaitu untuk mencegah penyumbatan ulang (re-stenosis) dengan menghambat pertumbuhan sel-sel yang menyebabkan penyumbatan arteri. Stent berlapis obat biasanya digunakan pada pasien dengan risiko tinggi untuk re-stenosis.

Stent Bioresorbsi

Stent bioresorbsi, juga dikenal sebagai bioabsorbable stent, merupakan jenis yang secara perlahan larut dan diserap oleh tubuh setelah beberapa waktu. Stent ini biasanya terbuat dari bahan-bahan biodegradable seperti polimer yang bisa dipecah oleh enzim tubuh.

Keuntungan utama dari stent bioresorbsi yaitu setelah stent larut, arteri akan kembali berfungsi tanpa bantuan perangkat tambahan. Akan tetapi, penggunaan stent bioresorbsi saat ini masih terbatas dan biasanya hanya digunakan dalam kasus-kasus tertentu.

Stent Covered

Stent covered, juga dikenal sebagai stent graft, adalah jenis stent yang dilapisi oleh material khusus seperti Dacron atau PTFE (polytetrafluoroethylene). Stent covered sering digunakan pada pasien dengan aneurisma atau pelebaran abnormal pada arteri.

Stent ini bertujuan untuk memperkuat dan menyokong dinding arteri yang melemah dan mencegah pecahnya aneurisma. Stent covered juga digunakan untuk memperbaiki arteri yang mengalami robekan.

Stent Bioaktif

Stent bioaktif merupakan jenis stent yang menggabungkan teknologi stent berlapis obat dengan kemampuan merangsang pertumbuhan sel-sel yang sehat di sekitar arteri.

Selain menghambat pertumbuhan sel-sel yang menyebabkan penyumbatan, stent bioaktif juga membantu untuk memperkuat arteri dengan merangsang pertumbuhan sel-sel endotel dan mengurangi risiko re-stenosis.

Stent bioaktif masih dalam tahap pengembangan dan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanannya.

Kesimpulan

Pasang ring jantung atau prosedur angioplasti dengan menggunakan stent merupakan salah satu metode penanganan yang efektif untuk mengatasi penyumbatan arteri koroner dan masalah kardiovaskular lainnya.

Berbagai jenis stent seperti stent baja tunggal, stent berlapis obat, stent bioresorbsi, stent covered, dan stent bioaktif memberikan pilihan penanganan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasien.

Penting untuk berkonsultasi pada dokter jantung untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat mengenai jenis stent yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan jantung Anda. Selain itu, menjaga gaya hidup sehat dan rutin mengikuti pengawasan dokter adalah kunci untuk menjaga kesehatan jantung yang maksimal.

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman dan didukung oleh peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, hingga aritmia. (RF)