Aritmia Bisa Menyebabkan Kematian Mendadak?
June 8, 2023
Jantung Berdetak Cepat, Waspada Terjadi Aritmia
June 8, 2023

Jenis-jenis Kelainan Jantung pada Bayi

Heartology Cardiovascular Hospital – Ketika hamil, setiap janin yang dikandung tentu harus mendapat pemeriksaan kesehatan. Dokter kandungan akan memeriksa berapa panjangnya, bagaimana pertumbuhan yang terjadi, jenis kelamin dan juga bagaimana kesehatan jantungnya.

Tapi, apakah Anda mengetahui jika tidak semua bayi mempunyai jantung yang sehat, beberapa diantaranya mungkin akan mengalami kelainan jantung.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa jenis dari kelainan jantung yang bisa terjadi pada bayi. Hal tersebut bisa membuat ibu dari anak tersebut akan mengalami kekhawatiran dan bingung terkait apa yang harus dilakukan.

Jenis-jenis Kelainan Jantung pada Bayi

Kelainan jantung atau disebut juga dengan cacat jantung bawaan ini merupakan gangguan yang menggambarkan apabila anak ibu mengalami masalah pada jantung ketika dilahirkan.

Hal ini bisa disebabkan masalah dalam struktur jantungnya, seperti ada lubang kecil di dalamnya atau ada sesuatu yang lebih parah. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan yang sangat serius, tapi bisa diatasi dengan tindakan operasi.

Cacat Septum Ventrikel

Salah satu jenis kelainan jantung yang bisa terjadi pada bayi yaitu cacat septum ventrikel. Gangguan ini terjadi saat ada lubang pada jantung dan merupakan kelainan yang biasa terjadi saat lahir. Lubang tersebut terbentuk dalam dinding yang memisahkan bilik jantung lebih rendah (ventrikel) dan membantu darah mengalir dari kiri ke sisi kanan jantung.

Darah dipompa kembali ke paru-paru alih-alih dialirkan ke seluruh tubuh sehingga membuat jantung bekerja lebih keras. Apabila parah, pembedahan mungkin akan dilakukan secepatnya.

Tetralogy of Fallot (ToF)

Jenis kelainan jantung pada bayi yang bisa membahayakan yaitu tetralogy of fallot. Kelainan ini termasuk kedalam kondisi langka yang disebabkan oleh gabungan empat cacat jantung ketika bayi dilahirkan.

ToF bisa mempengaruhi struktur jantung, sehingga membuat darah yang kekurangan oksigen mengalir keluar dari jantung dan pada seluruh tubuh. Bayi yang menderita gangguan ini, kulitnya akan terlihat berwarna biru karena tubuhnya kekurangan oksigen.

Koarktasio Aorta

Gangguan lain yang merupakan jenis dari kelainan jantung pada bayi yaitu koarktasio aorta. Hal ini bisa menyebabkan penyempitan pada aorta, pembuluh darah besar yang bercabang dari jantung dan berfungsi untuk memberikan darah yang berisi oksigen ke tubuh.

Ketika terjadi, jantung harus memompa lebih keras untuk memaksa darah melalui bagian aorta yang sudah menyempit. Kondisi ini tergantung seberapa parah penyumbatan yang terjadi.

Cacat Septum Atrium

Bayi juga bisa mengalami cacat septum atrium sebagai salah satu kelainan jantung bawaan. Kondisi ini terjadi ketika ada lubang di dinding antara dua ruang atas jantung (atrium).

Cacat kecil mungkin akan ditemukan secara kebetulan dan tidak pernah menimbulkan masalah. Beberapa lubang yang terbentuk ketika lahir bisa menutup saat masa pertumbuhan.

Tapi, jika ada lubang yang besar, maka kerusakan pada jantung dan paru-paru mungkin akan terjadi.

Itulah kelainan jantung yang bisa terjadi pada bayi. Anda harus mengetahui beberapa gangguan tersebut supaya ibu bisa lebih siaga ketika hal tersebut terjadi pada anak ibu. Dengan demikian, Anda akan memiliki bekal ilmu mengenai berbagai penyakit yang bisa membahayakan anak.

Dengan adanya Tim Dokter Spesialis dan kardiologi pediatrik (ahli jantung anak) yang berpengalaman dan terlatih. Teknologi Canggih, dengan peralatan yang tersedia, sesuai dengan perkembangan teknologi pengobatan jantung terkini.

Penanganan Optimal, Mengusung pelayanan “Patient Centered Care”, yang mengutamakan kebutuhan dan keinginan pasien. Lokasi Strategis, Berada di pusat kota Jakarta yang mudah diakses dari berbagai penjuru dan transportasi.

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman dan didukung oleh peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, hingga aritmia.(RF)