Struktur Jantung

Jantung Bocor Pada Bayi

Penyebab adanya jantung bocor pada bayi adalah dimana lubang pada jantung yang tidak tertutup dengan sempurna. Kondisi ini biasa dikenal dengan Patent Foramen Ovale (PFO). Umumnya, penderita PFO tidak menunjukkan ciri-ciri jantung bocor pada bayi alias tidak adanya gejala.

Patent Foramen Ovale (PFO) merupakan lubang yang terletak di antara serambi kiri dan serambi kanan jantung. Pada lubang ini sebenarnya dimiliki oleh semua orang sebelum lahir, tetapi biasanya langsung menutup cepat beberapa saat setelah lahir. PFO terkadang terjadi ketika lubang tersebut gagal menutup secara alami setelah bayi lahir yang bisa disebut juga dengan jantung bocor pada bayi.

 

Penyebab Jantung Bocor Pada Bayi

Penyebab jantung bocor pada bayi ini pada umumnya bisa menimbulkan bahaya ketika darah yang bocor mengandung gumpalan atau pembekuan darah. Hingga sekarang ini, penyebab PFO belum diketahui. Begitu pula dengan faktor dan risiko. Masalah jantung bocor pada bayi ini bisa diidentifikasi bersama dengan kelainan jantung lainnya, seperti jaringan Chiari atau juga seperti aneurisma septal atrium (atrial septal aneurysm).

Sebagian besar penyakit jantung pada anak atau jantung bocor pada bayi adalah bawaan atau kongenital yang ditandai adanya defeks pada jantung sejak lahir, berbeda dengan penyakit Jantung pada dewasa yang sebagian besar karena proses kerusakan. Istilah jantung bocor merupakan istilah awam yang dapat digunakan untuk menyatakan adanya kelainan pada jantung bawaan pada bayi 

Baca juga: OPERASI KATUP JANTUNG: INI RISIKONYA DAN PERSIAPAN

Gejala pada penyakit jantung bawaan bayi antara lain:

  • Bernapas cepat
  • Keringat keluar banyak
  • Susah minum susu
  • Berat badan tak naik-naik
  • Sianosis (kulit membiru karena kurang oksigen)
  • Pembengkakan pada beberapa organ tubuh, terutama tangan dan kaki serta perut
  • Ada bising dalam jantung yang terdengar lewat stetoskop
  • Detak jantung cepat

Penanganan Jantung Bocor Pada Bayi

Sebagian besar Penyakit Jantung Bawaan (PJB) seperti jantung bocor pada bayi dapat disembuhkan bahkan sebagian dapat membaik atau bisa juga sembuh sendiri secara alamiah (menutup spontan) khususnya pada PJB yang tidak biru. Dokter spesialis tidak boleh mengatakan bahwa PJB yang diderita anak kemungkinan akan menutup serta membaik sendiri dengan berjalannya waktu sebelum PJB tersebut ditegakkan dengan kepastian. Upayanya untuk menyembuhkan PJB atau jantung bocor pada bayi pada prinsipnya yaitu dengan memperbaiki kelainan yang terjadi baik dengan tindakan operatif maupun non operatif.

Konsultasikan  ke dokter spesialis jantung di Heartology Cardiovascular Center agar jika memang anak menderita kelainan jantung dapat ditangani segera.    

Baca juga: JANTUNG BOCOR: GEJALA DAN CARA PENANGANANNYA

Tim Dokter: 

 dr. Radityo Prakoso, Sp.JP(K)

Jika anak Anda memiliki masalah pada penjelasan diatas, segera konsultasi ke dokter spesialis jantung, silahkan daftar disini

  

Alamat

Heartology Cardiovascular Center

Brawijaya Hospital Saharjo 8th Floor

Jl. Dr. Saharjo No 199, Tebet, Jakarta  

KEMBALI KE HALAMAN STRUKTUR JANTUNG