Gejala umum penyakit Jantung
Februari 13, 2023
Maret 9, 2023

Wajib waspada untuk pasien Hipertensi yang sering sakit dada

Hipertensi atau tekanan darah tinggi melebihi batas normal biasanya di atas 140/90, dan dianggap parah jika tekanan di atas 180/120. Karenanya, sudah dipastikan pasien hipertensi harus mengelola tekanan darahnya lebih ekstra karena ada banyak risiko lainnya yang mengancam. Bukan hanya stroke atau gagal ginjal, ada juga penyakit aorta. Dijelaskan Dokter Sub-Spesialis Intervensi Kardiolog dan Vaskular Heartology Cardiovascular Center dr. Suko Adiarto, Sp.JP (K) , pasien hipertensi yang tekanan darahnya tidak terkontrol dengan baik, maka risiko penyakit aorta akan menjadi sangat tinggi.

Gejala yang muncul umumnya adalah nyeri dada karena adanya pembengkakan yang terjadi di daerah jantung atau dada yang menekan pembuluh darah di sekitarnya. Namun, dr. Suko menekankan penyakit ini umumnya tidak mengeluarkan gejala yang sangat signifikan. Karena itu, jika Anda termasuk pasien hipertensi, sangat disarankan untuk mengontrol tekanan darah secara rutin agar penyakit aorta ini bisa dihindari.

Sebagai rumah sakit jantung dengan teknologi-teknologi yang mutakhir, Heartology memiliki Aortic Center sebagai salah satu dari 5 Center of Exellence dan mampu menangani kasus-kasus kompleks secara akurat dan komprehensif. Dengan kerja tim, para dokter spesialis jantung dapat membuat dan menentukan strategi serta tatalaksana yang terbaik untuk pasien.

Sumber : www.okezone.com