Juli 24, 2023
Juli 25, 2023

Mitral Valve Replacement (MVR): Tindakan Operasi Penggantian Katup di Heartology oleh dr. Dicky Aligheri

Heartology Cardiovascular Hospital - Heartology Cardiovascular Hospital menjadi salah satu rumah sakit jantung unggulan karena kemampuan tim dokter spesilalisnya yang mumpuni dengan pengalaman dan jam terbang yang tinggi di bidangnya. Salah satu tindakan kegawatdaruratan jantung yang dilakukan adalah MVR (Mitral Valve Replacement).

Apa itu Mitral valve replacement (MVR)?

Mitral valve replacement (MVR) atau operasi penggantian katup mitral adalah prosedur minimal invasif untuk mengganti katup mitral jantung yang rusak dengan katup mitral buatan. Jenis tindakan ini merupakan salah satu prosedur untuk penanganan kelainan katup jantung mitral.

Katup mitral atau mitral valve adalah satu dari empat katup yang ada pada jantung manusia. Posisinya pada bilik kiri jantung, yaitu tepatnya di antara atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup ini membantu darah mengalir dari atrium kiri ke ventrikel kiri serta memastikan darah tersebut keluar jantung ke seluruh tubuh tanpa kembali ke atrium kiri.

Prosedur MVR

Prosedur mitral valve replacement awalnya harus dilakukan dengan operasi terbuka. Artinya, ahli bedah akan membuat sayatan yang besar pada dada agar dapat menjangkau jantung. Kini dengan majunya teknologi medis, prosedur minimal invasif (minimally invasive heart surgery) dengan sayatan yang lebih kecil bisa menjadi pilihan untuk operasi katup jantung, dengan keunggulan kosmetik, lama perawatan yang lebih singkat, serta komplikasi yang lebih kecil sehingga memiliki hasil yang lebih memuaskan untuk pasien. Prosedur mitral valve replacement

Risiko Tindakan

Mitral valve replacement dilakukan sebagai operasi minimal invasif (minimally invasive surgery), maka dokter akan membuat sayatan yang lebih kecil. Biasanya, sayatan hanya sepanjang 5-7,5 cm pada bagian kanan dada dekat dengan tulang dada, untuk kemudian pemasangan katup jantung baru dilakukan melalui alat khusus yang dapat menjangkau jantung dari sayatan tersebut.

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai rumah sakit jantung dengan tim dokter spesialis jantung yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir, dapat menangani diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular dewasa dan anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)