Juli 20, 2023
Juli 20, 2023

Manfaat Pasang Ring bagi Pengidap Penyakit Jantung

Heartology Cardiovascular Hospital - Pasang ring, juga dikenal sebagai angioplasti koroner dengan stent, merupakan prosedur yang digunakan untuk membuka arteri koroner yang tersumbat pada penderita penyakit jantung. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan manfaat pasang ring bagi pengidap penyakit jantung. Simak selengkapnya di sini!

Pengertian Pasang Ring Jantung

Pasang ring merupakan prosedur yang dilakukan oleh dokter jantung untuk mengatasi masalah arteri koroner yang tersumbat atau menyempit. Ketika prosedur ini berlangsung, seutas tabung kecil, yang disebut stent, dimasukkan ke dalam arteri untuk memperlebar dan mempertahankan aliran darah yang lancar ke jantung. Pasang ring efektif untuk mengurangi gejala seperti nyeri dada, memperbaiki fungsi jantung, dan memperpanjang harapan hidup pasien.

Manfaat Pasang Ring Jantung

Salah satu manfaat utama pasang ring yaitu meningkatkan kualitas hidup bagi pengidap penyakit jantung. Dengan membuka arteri yang tersumbat, pasien bisa mengalami penurunan nyeri dada atau angina yang mereka rasakan sebelumnya.

Hal ini memungkinkan mereka untuk lebih aktif secara fisik, melakukan aktivitas sehari-hari tanpa hambatan, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Pemasangan ring membantu mengembalikan sirkulasi darah yang sehat pada jantung, memungkinkan pasien untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang sebelumnya tidak mungkin mereka lakukan.

Selain meningkatkan kualitas hidup, pemasangan ring juga mempunyai manfaat yang signifikan untuk mengurangi risiko serangan jantung dan komplikasi yang terkait dengan penyakit jantung. Dengan memperlebar arteri yang tersumbat, pasang ring membantu menjaga aliran darah yang adekuat ke jantung.

Hal tersebut mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung atau kejadian serius yang lainnya. Pasien yang menjalani Pemasangan ring mempunyai tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi dan risiko komplikasi jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan prosedur ini.

Pemulihan Pasca Pasang Ring

Selain manfaat medis, pasang ring juga memungkinkan pemulihan yang lebih cepat daripada prosedur bedah terbuka secara tradisional. Pasien bisa pulang lebih awal dari rumah sakit dan kembali beraktivitas secara normal mereka dengan waktu pemulihan yang lebih singkat.

Selain itu, hal ini merupakan prosedur invasif yang lebih sedikit dibandingkan dengan bedah terbuka, yang berarti risiko infeksi, perdarahan, dan nyeri pasca operasi lebih rendah. Pada banyak kasus, pasien bisa kembali ke rutinitas harian mereka hanya dalam beberapa hari setelah prosedur ini.

Kesimpulan

Pasang ring mempunyai manfaat yang signifikan bagi pengidap penyakit jantung, termasuk peningkatan kualitas hidup, pengurangan risiko serangan jantung, dan pemulihan yang lebih cepat.

Dengan membuka arteri koroner yang tersumbat, pasien bisa mengalami peningkatan gejala dan kualitas hidup secara keseluruhan. Penting untuk berkonsultasi ke dokter jantung untuk menentukan apakah tindakan ini merupakan pilihan terbaik untuk kondisi jantung individu.

Ketika mencari manfaat dari prosedur ini, penting untuk diingat bahwa keputusan untuk menjalani prosedur ini harus dibuat berdasarkan konsultasi dengan dokter jantung yang berpengalaman. Setiap pasien dan kondisi jantungnya, serta dokter akan mempertimbangkan faktor-faktor.

Seperti tingkat keparahan penyakit jantung, lokasi dan jumlah arteri yang tersumbat, serta faktor risiko pribadi sebelum melakukannya. Penting bagi pasien untuk mendapat informasi yang komprehensif mengenai manfaat, risiko, dan harapan dari pasang ring.

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman dan didukung oleh peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, hingga aritmia. (RF)