Aritmia Bisa Menjadi Penyebab Gagal Jantung Kongestif?
May 22, 2023
Mengenal Stress Test EKG, Ini Tujuannya
May 22, 2023

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Tindakan Ablasi Jantung

Heartology Cardiovascular Hospital - Ablasi jantung merupakan prosedur yang dilakukan untuk menangani aritmia. Tindakan ini melibatkan pemotongan jaringan jantung yang tidak normal dan menyebabkan artimia.

Ablasi jantung memanfaatkan energi panas atau dingin untuk membuat bekas luka kecil pada jantung untuk menahan sinyal listrik yang tidak teratur dan memulihkan kembali detak jantung. 

Operasi ini juga sering menggunakan tabung tipis yang fleksibel atau kateter yang dimasukan ke dalam tubuh melalui vena atau arteri. Meski ablasi jantung dikenal sebagai tindakan operasi yang relatif aman dan efektif. Akan tetapi, ada beberapa hal penting yang harus diketahui apabila Anda akan melakukan tindakan ablasi jantung.

Untuk informasi selengkapnya Simak dibawah ini!

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Tindakan Ablasi Jantung

1. Manfaat dan Resiko

Sama seperti prosedur medis lain, ablasi jantung mempunyai risiko dan manfaat yang harus dipertimbangkan. Risiko ablasi jantung meliputi perdarahan, infeksi, kerusakan katup jantung, dan risiko kegagalan prosedur atau efek samping yang berbahaya. Sedangkan, manfaatnya yaitu pengobatan yang efektif dan pemulihan dari aritmia yang mengganggu, serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

2. Persiapan Sebelum Melakukan Tindakan

Sebelum Anda melakukannya, pasien harus mempersiapkan diri dengan benar. Hal ini termasuk menjalani pemeriksaan darah dan elektrokardiogram (EKG) untuk melakukan evaluasi kesehatan jantung dan mengetahui jenis aritmia yang ada.

Selain itu, pasien juga perlu menghindari makan dan minum selama beberapa jam sebelum melakukan tindakan dan mematuhi instruksi dari dokter mengenai kepentingan penggunaan obat-obatan sebelumnya.

3. Jenis Ablasi Jantung

Ada berbagai jenis ablasi jantung dan dokter akan menentukan jenis yang terbaik sesuai dengan kondisi pasien. Beberapa jenis tersebut mencakup ablasi frekuensi radio (RF), ablasi laser, serta ablasi balon. Selain itu, dokter juga bisa memutuskan untuk melakukannya secara terbuka melalui operasi dada terbuka dan tergantung pada jenis aritmia serta kondisi pasien.

4. Proses Melakukan Tindakan Ablasi Jantung

Selama melakukan proses tindakan operasi, dokter akan memasukkan sebuah kateter melalui pembuluh darah yang ada di bagian panggul dan kemudian akan menjalankan kateter melalui pembuluh darah hingga ke jantung.

Selanjutnya, dokter akan memasukkan elektroda kecil melalui kateter tersebut untuk merekam sinyal listrik dari jantung. Setelah itu, jaringan jantung yang tidak normal akan terpotong atau terbakar dengan menggunakan alat khusus melalui kateter.

5. Perawatan Setelah Tindakan Operasi

Setelah proses tindakan operasi selesai, pasien akan dipindahkan ke ruangan pemulihan untuk dipantau kondisinya oleh tim medis. Pasien harus menghindari berbagai kegiatan fisik yang berat dan mengikuti perintah dokter untuk mengonsumsi obat-obatan.

Beberapa pasien mungkin akan merasakan sakit dada, sesak napas, dan denyut jantung yang tidak normal setelah prosedur. Apabila gejala tersebut berlanjut atau memburuk, pasien harus segera menghubungi dokter.

Prosedur Ablasi Jantung

Prosedur akan dilakukan di rumah sakit oleh dokter jantung atau ahli bedah jantung. Mereka akan melakukan evaluasi secara keseluruhan kondisi jantung dan kesehatan Anda sebelum memutuskan jenis prosedur ablasi jantung mana yang tepat.

Untuk persiapan prosedur, Anda harus melaksanakan beberapa perintah khusus, seperti:

  • Berhenti mengonsumsi obat yang mengencerkan darah (seperti aspirin atau warfarin) maupun obati aritmia. Ikuti panduan dan hentikan pengobatan tersebut sesuai dengan petunjuk.
  • Tidak makan atau minum pada malam hari sebelum melakukan prosedur. 
  • Saat menuju rumah sakit untuk menjalani prosedur rawat jalan, upayakan untuk meminta kerabat keluarga mengantarkannya. 

Jadi, itulah beberapa hal yang harus diketahui sebelum melakukan tindakan ablasi jantung. Apabila Anda kondisi khusus tertentu, Anda bisa melakukan konsultasi pada dokter apakah aman atau tidak aman.

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai rumah sakit jantung dengan tim dokter spesialis jantung yang intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)