Mengenal Gejala Penyakit Katup Jantung

07 July 2023

Heartology Cardiovascular Hospital – Penyakit katup jantung adalah sebuah gangguan kesehatan yang terjadi karena ada kelainan atau gangguan pada katup jantung.

Kelainan ini dapat terjadi pada salah satu katup atau lebih dari keempat katup jantung. Penyakit katup jantung ini ditandai dengan beberapa gejala yang dapat dikenali.

Penyakit ini akan menyebabkan darah sulit untuk mengalir ke ruangan atau pembuluh darah selanjutnya, atau sebaliknya. Sebelumnya harus diketahui, katup jantung atau klep jantung adalah organ yang berfungsi untuk menjaga aliran darah yang berasal dari jantung supaya bisa mengalir dengan benar.

Selain itu, organ ini mempunyai mekanisme seperti gerbang atau pintu satu arah yang ada pada jantung. Jadi, apa saja gejala penyakit katup jantung? Simak selengkapnya di sini!

Mengenal Gejala Penyakit Katup Jantung

Katup jantung memiliki peran untuk menjaga aliran darah dari jantung ke pembuluh darah atau sebaliknya. Di dalam tubuh manusia, ada 4 katup jantung, yaitu katup trikuspid yang terletak di antara serambi (atrium) kanan dengan bilik (ventrikel) kanan. Ada juga yang disebut dengan katup mitral, yaitu katup yang berada di antara serambi kiri dan bilik kiri. 

Katup jantung yang ketiga bernama katup pulmonal. Katup jantung yang satu ini terletak di antara bilik kanan dengan pembuluh darah paru-paru atau arteri pulmonalis. Sementara itu, katup jantung keempat bernama katup aorta, berada di antara bilik kiri dengan pembuluh darah arteri besar (aorta). 

Gangguan pada salah satu atau beberapa katup jantung dapat mengganggu proses aliran darah di dalam tubuh. Hal ini juga berarti adanya gangguan pada aliran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh akan terganggu.

Gangguan yang terjadi dapat menyebabkan semakin lebar atau semakin sempit pada celah antar katup. Jadi, hal tersebut dapat meningkatkan tekanan pada jantung, sehingga harus memompa dengan lebih kuat.

Terdapat beberapa hal yang menampilkan gejala penyakit katup jantung, di antaranya:

  1. Sesak napas atau kesulitan bernapas.
  2. Nyeri tidak tertahankan di dada.
  3. Pusing.
  4. Sering merasa lelah.
  5. Mengalami gangguan irama jantung.
  6. Pingsan atau hilang kesadaran.
  7. Batuk darah dan pipi memerah.
  8. Edema, yaitu pembengkakan pada kaki, perut, atau pergelangan kaki karena tersumbatnya cairan.

Apabila mengalami gejala katup jantung seperti yang disebutkan diatas, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat. Beritahukan gejala katup jantung yang dialami dan dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan dan diagnosis. Setelah mengetahui penyebabnya, dokter juga akan mencari tahu cara penanganan yang sesuai untuk menurunkan risiko komplikasi karena penyakit katup jantung.

Penanganan Penyakit Katup Jantung

Penanganan untuk penyakit katup jantung tergantung pada tingkat keparahan kondisi kesehatan yang dialami, adanya tanda dan gejala, serta kondisi semakin memburuk. Dokter bisa menyarankan pemantauan kondisi secara rutin, rekomendasi menjalani pola hidup sehat, dan konsumsi obat untuk menangani gejala yang dialami.

Dalam kasus lanjut, bisa dibutuhkan pembedahan katup untuk memperbaiki atau mengganti katup jantung yang mengalami kerusakan.

Gejala penyakit katup jantung perlu diwaspadai. Semakin cepat diperiksa, maka akan semakin cepat diketahui gejala apa yang muncul adalah penyakit katup jantung atau bukan. Apabila mempunayi gejala atau riwayat penyakit jantung, disarankan untuk segera melakukan perubahan gaya hidup. Memulai menerapkan pola hidup sehat, seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, sehingga kadar kolesterol dan tekanan darah tetap terjaga serta risiko serangan jantung dapat dihindari.

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman dan didukung oleh peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, hingga aritmia. (RF)

Tim Dokter:

Jika Anda memiliki masalah kesehatan terkait dengan penjelasan pada artikel ini, segera konsultasi ke dokter spesialis jantung, silahkan daftar di sini

Daftar Online

Alamat:

Heartology Cardiovascular Hospital

Jl. Birah III No.4 Kebayoran Baru

Jakarta Selatan, 12180

Ditinjau oleh:

dr. Harmeni Wijaya, MD

Marketing Director

Heartology Cardiovascular Hospital

Terkait dengan

Ada pertanyaan?

icon-waHubungi Kami

Share to

heartology
heartology
heartology