Manfaat Pemasangan Ring Jantung

28 March 2024

Ring jantung terbuat dari baja tahan karat atau campuran platinum kromium kobalt berbentuk tabung kecil seperti jaring kawat atau jala. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah ahli intervensi di Heartology Cardiovascular Center biasanya akan menempatkan ring secara permanen di dalam pembuluh darah koroner yang bermasalah, untuk memastikan aliran dalam pembuluh darah tetap lancar. Umumnya, terdapat lapisan obat pada ring jantung yang berfungsi untuk mencegah terbentuknya jaringan parut dan gumpalan darah (thrombus) pada pembuluh darah.

Pasang ring jantung berfungsi untuk melancarkan aliran darah dan oksigen dengan cara memperbesar rongga pembuluh darah yang mengalami penyempitan atau penyumbatan. Perlu diketahui, pemasangan ring jantung tidak dilakukan pada semua pasien dengan penyakit jantung coroner, hanya mereka yang memiliki indikasi medis saja.

Sebelum dilakukan tindakan, dokter akan melakukan pemeriksaan secara detail terhadap pembuluh darah yang bermasalah untuk menentukan apakah kondisi pasien membutuhkan pemasangan ring jantung atau tidak. Adapun pemasangan ring jantung dapat menjadi pilihan pengobatan pada kondisi:

  • Pasien dengan keluhan nyeri dada (angina) yang semakin bertambah parah
  • Pasien yang mengalami serangan jantung parah yang berakibat kerusakan fungsi jantung.
  • Pasien yang masih mengalami masalah pada jantung setelah gagal dengan berbagai pengobatan dan gaya hidup sehat

Terkait dengan

Ada pertanyaan?

icon-waHubungi Kami

Share to

heartology
heartology
heartology