Kecanggihan Transesophageal Echocardiography (TEE) di Heartology Bersama dr. Ario
July 25, 2023
Peran Penting Rumah Sakit Jantung yang Harus Diketahui
August 3, 2023

Apa itu Holter Monitoring? Pengertian dan Prosedur

Heartology Cardiovascular Hospital - Heartology berkomitmen untuk memberikan pelayanan jantung dan pembuluh darah secara komprehensif yang didukung teknologi mutakhir terkini termasuk penanganan aritmia, sehingga menghasilkan medical outcome terbaik, membantu meningkatkan kualitas dan harapan hidup pasien. Salah satunya adalah pemeriksaan Holter Monitoring pada pasien dengan kecurigaan aritmia.

Apa itu prosedur holter monitoring?

Holter monitoring (ambulatory electrocardiography) adalah suatu prosedur untuk merekam aktivitas listrik jantung dan  detak jantung secara terus-menerus selama 24-48 jam pada aktivitas sehari-hari, dengan alat yang disebut sebagai holter monitor. Prosedur ini sama dengan pemeriksaan elektrokardiogram (EKG). Bedanya, EKG hanya merekam detak jantung selama beberapa menit saat pemeriksaan.

Pemeriksaan holter monitoring umumnya dilakukan pada orang yang memiliki kelainan irama jantung (aritmia). Holter monitor juga kerap dilakukan untuk membantu diagnosis beberapa kelainan jantung lainnya. Hasil pemeriksaan akan dianalisis oleh dokter spesialis jantung.

Mengapa prosedur holter monitoring perlu dilakukan?

Prosedur holter monitoring dilakukan untuk mendeteksi respons jantung (detak dan irama jantung) terhadap aktivitas sehari-hari. Holter monitoring juga digunakan:

  • Setelah mengalami serangan jantung
  • Untuk mendiagnosis gangguan irama jantung yang menyebabkan berdebar-debar (palpitasi) atau pingsan
  • Setelah mendapatkan obat-obatan untuk penyakit jantung

Prosedurini juga bertujuan untuk merekam beberapa irama jantung yang tidak normal seperti atrial fibrilasi, atrial takikardi, takikardi supraventrikel, bradikardi, dan takikardi ventrikular.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum menjalani prosedur holter monitoring?

Anda tidak perlu melakukan melakukan persiapan khusus sebelum menjalani prosedur holter monitoring. Tim medis akan mengajarkan cara, memasang elektroda bila elektroda tersebut lepas atau longgar. Beritahukan kepada tim medis bila Anda memiliki alergi terhadap bahan perekat.

Pastikan untuk mandi sebelum prosedur dilakukan, karena Anda tidak dapat mandi atau berada dalam keadaan basah pada saat holter monitor terpasang. Untuk memudahkan pemasangan elektroda menempel, Anda disarankan untuk mencukur bulu rambut dada.

Apa yang harus dilakukan setelah menjalani?

Setelah 24-48 jam, Anda akan diminta untuk mengembalikan mesin holter monitor kepada tim medis. Tim medis akan mengevaluasi hasil rekaman dan kegiatan Anda serta melihat kemungkinan adanya detak jantung yang tidak normal.

Heartology terus berkomitmen memberikan pelayanan jantung dan pembuluh darah secara komprehensif dengan dukungan teknologi mutakhir, menghasilkan medical outcome terbaik, dan membantu meningkatkan kualitas serta harapan hidup pasien.lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)