10 May 2021

Waspadai Keringat Dingin saat Olahraga, Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung

Serangan jantung bukan hanya menyerang orang-orang dengan usia di atas 50 tahun. Penyakit ini diketahui juga dapat menyerang pada usia muda, bahkan pada orang yang rajin berolahraga sekalipun.

Serangan jantung bisa muncul pada saat seseorang melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Lalu apa keluhan yang mungkin dialami oleh seseorang sebelum terkena serangan jantung?

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr Ario Kuncoro SpJP(K) dalam webinar Heartology Cardiovascular Center baru-baru ini mengatakan ada berbagai macam keluhan yang mungkin dialami seseorang sebelum terkena serangan jantung, khususnya saat berolahraga.

"Segala macam keluhan saat olahraga sebaiknya dianggap serius. Kalau kita olahraga ada keluhan pusing sebaiknya berhenti, istirahat sejenak dan kita lihat efeknya bagaimana," kata dr. Ario.

Terkait serangan jantung, ia menyebut harus hati-hati dengan keluhan seperti munculnya nyeri dada dan keringat dingin.

"Kalau terkait dengan serangan jantung atau kelainan jantung yang mengarah pada hal mengkhawatirkan, misalnya pada saat olahraga timbul nyeri dada yang berat bisa didampingi dengan keringat dingin mesti hati-hati," lanjutnya.

Hal lainnya yang harus diwaspadai adalah timbulnya nyeri dada di sebelah kiri yang tembus hingga ke belakang dengan sensasi seperti robek.

"Karena kita ada kasus seperti itu. Timbul robekan pada pembuluh darah besar mungkin pada saat olahraga seperti saat mengangkat barbel bisa timbul juga," kata dr. Ario.

Selain itu, jika timbul gangguan irama jantung yang tidak wajar saat olahraga atau naik secara tiba-tiba, sebaiknya waspada dan segera pergi ke dokter.

KEMBALI KE HALAMAN BERITA