13 Oct 2021

Tangani Denyut Irama Jantung yang Lemah dengan Leadless Pacemaker

Denyut jantung manusia pada kondisi normal berkisar 60 – 100 detak per menit. Saat sistem listrik rusak, dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, lambat, atau bahkan tidak beraturan. Jantung yang berdetak lebih lambat disebut sebagai brakikardia. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena dapat membuat fungsi jantung sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh jadi terganggu. Orang yang mengalami bradikardia akan menjadi mudah lelah, pingsan, berkunang-kunang, napas pendek, serta mengalami kerusakan organ vital yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian. Pada kasus ekstrem, bradikardia juga bisa menimbulkan stroke.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Heartology Cardiovascular Center, dr. Dicky Armein Hanafy, Sp.JP (K) menjelaskan, bradikardia  pada umumnya dapat diatasi dengan obat-obatan. Namun jika obat-obatan tidak mampu mengatasi masalah, alat pacu jantung permanen (pacemaker) menjadi jalan keluar yang berfungsi memacu jantung untuk berdenyut secara normal.

Dengan berkembangnya teknologi, kini alat pacu jantung sudah tersedia dengan tanpa kabel (leadless pacemaker) yang berukuran sangat kecil seperti kapsul dan dapat bertahan hingga 12 tahun. “Proses pemasangan leadless pacemaker tidak memerlukan operasi, cukup dimasukkan menggunakan kateter melalui sayatan kecil di pangkal paha dengan panduan x-ray yang akan diarahkan ke jantung. Pasien akan dibius lokal di area tersebut,’’ jelas dr. Dicky.

Prosedur ini hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit dan risiko komplikasi rendah. Selain itu, pasien hanya perlu menginap 1 hari di rumah sakit dan dapat segera beraktivitas tanpa ada keterbatasan gerakan di sekitar dada.

Heartology Cardiovascular Center sebagai rumah sakit jantung dengan tim dokter spesialis jantung yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir, dapat menangani gangguan irama jantung bradikardia dengan leadless pacemaker.

Sumber: https://www.suara.com 

 

KEMBALI KE HALAMAN BERITA