Kol Goreng: Ungkap Bahayanya bagi Jantung
March 4, 2024
Angina Pectoris: Mengenal, Mencegah, dan Mengatasi
March 4, 2024

Tanda Aritmia dan Gejala Secara Umum

Heartology Cardiovascular Hospital - Aritmia adalah gangguan irama jantung yang bisa mempengaruhi denyut jantung Anda. Aritmia merupakan satu kondisi serius yang memerlukan perhatian medis yang tepat. Mengenali tanda dan gejala aritmia yang paling umum dapat membantu Anda untuk mengambil tindakan yang tepat jika Anda atau seseorang yang Anda cintai mengalami kondisi ini.

Pengenalan Aritmia Secara Umum

Aritmia adalah kondisi yang melibatkan gangguan irama jantung, di mana jantung Anda dapat berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur. Masalah aritmia dapat mempengaruhi siapapun, tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Aritmia terjadi ketika sinyal listrik yang mengatur detak jantung Anda tidak berfungsi dengan benar, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor termasuk masalah struktural pada jantung, gangguan kelistrikan jantung, atau kondisi medis lainnya.

Jenis-Jenis Aritmia

Terdapat beberapa jenis aritmia yang dapat mempengaruhi irama jantung seseorang.

Bradikardia

Merupakan jenis aritmia di mana detak jantung mengalami perlambatan yang signifikan, sering kali di bawah 60 denyut per menit. Bradikardia dapat menyebabkan gejala seperti pusing, pingsan, atau kelelahan yang berlebihan karena penurunan aliran darah yang tidak mencukupi ke tubuh.

Takikardia

Aritmia ini ditandai dengan detak jantung yang terlalu cepat, sering kali melebihi 100 denyut per menit. Takikardia dapat memicu gejala seperti detak jantung berdebar, sesak nafas, atau nyeri dada. Pada kasus yang lebih serius, takikardia dapat meningkatkan risiko komplikasi jantung seperti gagal jantung atau stroke.

Aritmia Supraventrikular

Merupakan kelompok aritmia yang berasal dari atrium atau simpul atrioventrikular. Contoh aritmia supraventrikular termasuk fibrilasi atrium dan takikardia atrium. Aritmia ini dapat menyebabkan gejala seperti detak jantung tidak teratur, nyeri dada, atau kelelahan yang berlebihan.

Aritmia Ventrikel

Jenis aritmia yang berasal dari ventrikel, bagian bawah jantung. Ventrikular fibrilasi atau takikardia ventrikel adalah contoh aritmia ventrikel yang serius dan memerlukan penanganan segera. Aritmia ventrikel dapat mengganggu aliran darah yang efisien ke tubuh, menyebabkan gejala seperti pingsan, sesak nafas, atau nyeri dada yang parah.

Tanda dan Gejala Umum Aritmia

Detak Jantung Terasa Cepat atau Tidak Teratur

Salah satu tanda yang paling umum dari aritmia adalah perasaan detak jantung yang tidak normal. Anda mungkin merasa jantung berdebar-debar, berdegup kencang, atau berdetak tidak teratur.

Pusing atau Pingsan

Aritmia dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke otak, yang dapat menyebabkan sensasi pusing atau pingsan.

Nyeri Dada atau Ketidaknyamanan

Beberapa orang dengan aritmia mengalami nyeri dada atau ketidaknyamanan yang dapat terjadi saat istirahat atau saat aktivitas fisik.

Sesak Nafas

Gangguan irama jantung dapat mengganggu aliran darah ke paru-paru Anda, menyebabkan sesak napas atau kesulitan bernapas.

Kelelahan yang Berlebihan

Aritmia bisa membuat Anda merasa lelah atau lelah secara berlebihan, bahkan setelah istirahat yang cukup.

Ketidakmampuan Berolahraga Seperti Biasa

Jika Anda biasanya aktif tetapi mulai merasa sulit untuk melakukan aktivitas fisik seperti sebelumnya, ini bisa menjadi tanda adanya aritmia.

Kapan Harus Mencari Bantuan Medis?

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa dari tanda dan gejala aritmia yang disebutkan di atas, penting untuk segera mencari bantuan medis. Aritmia bisa menjadi kondisi serius yang memerlukan perawatan segera untuk mencegah komplikasi yang lebih parah, seperti serangan jantung atau stroke. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami tanda atau gejala aritmia, jangan menunggu untuk mencari bantuan. Konsultasikan dengan dokter atau profesional medis untuk evaluasi dan diagnosis yang tepat.

Bantuan Medis Terpercaya di Heartology Cardiovascular Hospital

Heartology Cardiovascular Hospital adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan bantuan medis yang Anda butuhkan dalam penanganan aritmia dan masalah jantung lainnya. Dengan tim medis yang berpengalaman dan fasilitas yang lengkap, kami siap membantu Anda dalam perjalanan menuju kesehatan jantung yang optimal. Segera hubungi Heartology untuk jadwal konsultasi terkait jantung. Kesehatan jantung Anda adalah prioritas kami. Bersama-sama, kita dapat menangani masalah jantung dan meningkatkan kualitas hidup Anda. (RF)