Peranan IVUS dalam Prosedur Intervensi Koroner di Heartology Bersama dr. Denio Ridjab
June 12, 2023
Pasang Ring Jantung di Heartology Oleh dr.Faris Basalamah
June 14, 2023

Primary PCI: Cara Ampuh Atasi Serangan Jantung di Heartology Heart Attack Center

Heartology Cardiovascular Hospital - Banyak sumber menyebutkan bahwa penanganan dengan fibrinolytic therapy merupakan cara tercepat untuk menghentikan serangan jantung pada pasien sebelum dilakukan tindakan lebih lanjut. Akan tetapi, publikasi terbaru menyebutkan bahwa tindakan Primary PCI atau Primary Percutaneous Coronary

Intervention yang dilakukan dalam kurun waktu kurang dari 12 jam, mulai dari saat pasien mengalami serangan jantung sampai dilakukan tindakan adalah penanganan terbaik bagi pasien yang mengalami serangan jantung dengan ST-segment elevation. Bahkan idealnya tindakan door to balloon atau tindakan mulai dari pasien masuk pintu IGD sampai dilakukan pemasangan balloon adalah 90 menit atau kurang.

Hasil studi GUSTO II menyebutkan bahwa resiko kematian dan serangan jantung berulang pada pasien yang mendapatkan fibrinolytic therapy adalah 13.7%, sedangkan pada pasien yang mendapat tindakan primary PCI adalah 9.6%. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa Primary PCI dapat menurunkan resiko kematian dan serangan jantung berulang.

Apa itu Primary PCI?

Primary PCI (Percutaneous Coronary Intervention), atau yang dikenal juga dengan coronary angioplasty, merupakan prosedur terapi untuk membuka penyempitan (stenotic) pembuluh darah arteri jantung pada kasus penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh terjadinya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Akibat dari penumpukan kolesterol ini, aliran darah menjadi tidak lancar dan fungsi jantung menjadi terganggu sehingga berpotensi menyebabkan serangan jantung.

Primary PCI dilakukan dengan memasukkan catheter yang telah dilengkapi dengan balloon khusus dan stent yang akan diarahkan ke titik terjadinya penyumbatan di dalam pembuluh darah arteri untuk membuka penyumbatan tersebut dan mengembalikan aliran pembuluh darah arteri ke jantung.

Tindakan PCI ini biasanya dilakukan oleh interventional cardiologist. Dengan dilakukannya primary PCI, gejala dari penyakit jantung koroner, seperti nyeri dada (angina), sesak nafas (dyspnea), dan congestive heart failure dapat dikurangi dan bahkan dihilangkan.

Prosedur Primary PCI

Istilah balloon angioplasty yang umumnya digunakan untuk mendeskripsikan Primary PCI merupakan metode pemompaan balloon di dalam pembuluh darah arteri untuk menghancurkan plak kolesterol pada dinding pembuluh darah dan atau dapat juga disertai dengan tindakan lain yaitu pemasangan stent sesuai dengan indikasi sumbatan yang didapatkan.

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia.

Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)