Operasi Katup Jantung

PENYAKIT ARTERI PERIFER

Penyakit Arteri Perifer atau biasa juga disebut peripheral artery disease (PAD) merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang berbahaya. Penyakit ini terjadi ketika pembuluh darah menyempit sehingga mengu- rangi aliran darah ke organ tubuh.

DAkibatnya, muncul beberapa gejala, yang paling nyata adalah nyeri pada kaki saat berjalan. Pada kondisi yang lebih berat penyakit ini bisa menghambat penyembuhan luka sehingga bisa menyebabkan kematian jaringan tungkai dengan risiko amputasi. Penyakit ini lazim menyerang bagian tungkai kaki/ ekstremitas.

Meski umumnya gejala yang timbul ringan atau bahkan tanpa gejala, orang yang memi- liki risiko tetap perlu menjalani penapisan. Usia di atas 65 tahun, usia di atas 50 tahun disertai riwayat diabetes dan atau merokok, usia di bawah 50 tahun dan menderita diabetes, obesitas atau hipertensi, serta memiliki penyakit pembuluh darah lainnya merupakan faktor risiko Penyakit Arteri Perifer. Deteksi dini, pengendalian faktor risiko, dan pengobatan yang komprehensif dapat mengurangi risiko amputasi atau kematian.

Penyakit Arteri Perifer seringkali disertai penyakit pada pembuluh darah lain seperti pembuluh darah koroner (jantung) dan pembuluh darah karotis ke otak.

DIAGNOSIS PENYAKIT ARTERI PERIFER

  • Diagnosa Penyakit Arteri Perifer dilakukan dengan memeriksa kondisi pembuluh darah per- ifer menggunakan beberapa metode, yakni An- kle-Brachial Index, Dupplex Ultrasonografi (USG), CT Angiografi (CT scan), dan Angiografi Perifer.

TATALAKSANA PENYAKIT ARTERI PERIFER

Tatalaksana Penyakit Arteri Perifer yang komprehensif meliputi perubahan gaya hidup, latihan yang disupervisi, pengendalian faktor risiko (merokok, darah tinggi, diabetes, kolesterol), penggunaan obat-obatan, dan tindakan koreksi sumbatan pembuluh darah.

Ada dua tindakan koreksi pembuluh darah yang tersumbat ini. Pertama, Angioplasti, yaitu tindakan untuk memperbaiki aliran darah dengan menggunakan balon dan stent, menjadikan pembuluh darah lebih lebar. Kedua, Bedah bypass, yakni operasi mengganti pembuluh darah yang menyempit dan tersumbat dengan pembuluh darah sehat dari bagian tubuh lain.

PELAKSANAAN TINDAKAN ANGIOPLASTI

Tindakan dilakukan di laboratorium katerisasi jantung (cath lab).

Pasien akan diberikan obat bius lokal di area pergelangan tangan atau selangkangan. Karena menggunakan bius lokal, pasien masih merasakan sensasi tekanan saat prosedur dilakukan.

Dokter melakukan angiografi perifer dengan menggunakan zat kontras yang disuntikkan melalui kateter di pergelangan tangan atau selangkangan untuk melihat adanya penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah.

Kateter berisi stent dan balon dimasukkan melalui pergelangan tangan atau selangkangan.

Balon akan mengembang di pembuluh darah menghasilkan rongga yang akan ditahan oleh stent sehingga pembuluh darah tak lagi mengalami penyempitan atau penyumbatan.

BACK TO OPERASI KATUP JANTUNG