Penanganan Terkini Tindakan IVUS (Intravascular Ultrasound) di Heartology bersama dr. Denio Ridjab

Heartology Cardiovascular Hospital – Ultrasonografi intravaskuler merupakan salah satu pemeriksaan penunjang yang memiliki peran penting saat dilakukannya PCI. Pemeriksaan dengan menggunakan IVUS akan memberikan banyak informasi mengenai kondisi sesungguhnya dari lumen dan dimensi pembuluh darah arteri koroner, serta karakteristik dari plak aterosklerosis yang ada didalamnya.

Tujuan Tindakan IVUS

Tujuan utama penggunaan IVUS saat pemasangan stent atau ring jantung adalah untuk membantu dalam pemilihan strategi intervensi sehingga pemasangan stent akan mendapat hasil yang optimal dan baik. Saat ini, tipe Drug Eluting Stent (DES) yang dipakai secara luas dikatakan dapat menurunkan angka kejadian in-stent restenosis dan stent thrombosis dibandingkan Bare Metal Stent (BMS). Akan tetapi, bila pemasangan dilakukan secara tidak optimal tetap akan memunculkan komplikasi. Oleh karena itu, pemasangan stent yang dioptimalkan dengan bantuan  tindakan IVUS saat prosedur PCI diharapkan mampu mengurangi komplikasi yang terjadi selama tindakan. Hal ini bertujuan untuk menurunkan angka kematian yang disebabkan oleh karena penyakit jantung koroner. Prosedur IVUS ditujukan membantu dokter memeriksa kondisi jantung dan pembuluh darah pasien. Dengan begitu, dokter dan pasien dapat menangani beberapa penyakit berikut:
  • Serangan jantung
  • Stroke
  • Penyumbatan pembuluh darah di paru-paru (arteri pulmonalis)
Setelah mengetahui kondisi pasien, dokter pun dapat menentukan tingkat keparahan penyakit dan membuat rencana pengobatan. Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF) TIM DOKTER: Dr. med. dr. Denio A. Ridjab, Sp.JP(K), FIHA, FESC FA Innere Medizin u. Kardiologie (DE) Hypertensiologist (DHL®-German Hypertension League)
Jika Anda memiliki masalah kesehatan terkait dengan penjelasan diatas, segera konsultasi ke dokter Denio Ridjab, silahkan daftar di sini Alamat: Heartology Cardiovascular Hospital Jl. Birah III No.4 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, 12180 Ditinjau oleh: dr. Harmeni Wijaya, MD Marketing Director Heartology Cardiovascular Hospital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *