Penanganan Terbaik Pasang Ring Jantung di Heartology Bersama dr.Dicky Armein Hanafy
August 16, 2023
Penanganan Terbaik Tindakan Ventricular Septal Defect (VSD) di Heartology
August 22, 2023

Penanganan Terbaik Pemasangan Pacemaker di Heartology oleh dr. Faris Basalamah

Heartology Cardiovascular Hospital - Heartology Cardiovascular Hospital dikenal mampu menghadirkan terobosan dan penggunaan teknologi medis terbaru untuk segala penyakit jantung dan pembuluh darah, salah satunya adalah penanganan terbaik pemasangan Pacemaker.

Apa itu Pacemaker?

Pacemaker adalah perangkat medis yang secara elektrik dapat menstimulasi otot jantung untuk berkontraksi guna menghasilkan detak jantung. Dokter spesialis jantung menempatkan perangkat yang kecil dan ringan ini di dalam dada bagian atas lewat prosedur bedah atau melalui pembuluh darah tanpa bedah, tergantung jenisnya. Pacemaker menjaga detak jantung sesuai dengan program agar tubuh mendapatkan cukup pasokan oksigen dan nutrien yang terkandung dalam darah. Dokter bisa memasang pacemaker secara permanen ataupun temporer menurut kondisi pasien. Alat pacu jantung ini dapat merasakan setiap detak jantung penggunanya dan hanya menstimulasi otot jantung saat detak turun hingga di bawah batas detak yang diprogramkan. Pacemaker bekerja dengan baterai yang dapat bertahan hingga 10 tahun lebih. Ada pacemaker yang bekerja secara otomatis sesuai dengan pengaturan sebelumnya, ada pula yang bisa diatur di luar tubuh. Misalnya untuk mengatur ukuran daya dan kecepatan aliran listrik.

Siapa yang Memerlukan Pacemaker, Alat Pacu Jantung?

Pacemaker lazimnya digunakan untuk menangani pasien aritmia atau detak jantung abnormal. Pasien gagal jantung juga mungkin memerlukannya. Tapi tidak semua pasien aritmia atau gagal jantung memerlukan pacemaker. Alasan paling umum kenapa orang memerlukan pacemaker adalah detak jantungnya terlalu lambat atau jeda terlalu lama. Kondisi ini dapat mengakibatkan pasien jatuh pingsan dan segera memerlukan pertolongan medis. Dalam beberapa kasus, pacemaker juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah atau menangani pasien detak jantung terlalu cepat atau tak beraturan. Yang pasti, pasien yang memiliki masalah sistem kelistrikan jantung dapat memperoleh manfaat dari pacemaker.

Fungsi Pacemaker, Alat Pacu Jantung

Jantung sebetulnya punya pacemaker alami, yakni node sinus atau node sinoatrial, yang berfungsi mengirim impuls listrik guna membuat jantung berdetak. Ketika node sinus tak dapat bekerja secara normal, pacemaker akan membantu menggantikan perannya untuk menjaga jantung bekerja optimal. Pacemaker berfungsi menghantarkan impuls listrik untuk memacu jantung berkontraksi hingga berdetak dengan normal. Pacemaker bekerja hanya ketika dibutuhkan atau sesuai dengan pengaturan. Beberapa jenis pacemaker senantiasa mengirim impuls listrik saat terpasang untuk memastikan jantung tetap bekerja. Meski demikian, pacemaker tidak menghasilkan listrik yang dapat menyengat jantung.

Prosedur Tindakan Pacemaker

Dokter dapat memasang pacemaker sesuai dengan jadwal ataupun dalam kondisi darurat. Alat pacu jantung yang dipasang pada pasien gawat darurat berjenis sementara. Bila pemasangan pacemaker dijadwalkan, pasien dapat menanyakan soal prosedurnya kepada dokter jantung sejak jauh hari Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)