Patient Stories

Ny Joyce Kumalasari Hartono - Rekonstruksi Katup Aorta

Ny Joyce Kumalasari Hartono tidak pernah menyangka bahwa keputusannya turut memeriksakan diri di sebuah laboratorium sambil mengantar suaminya periksa kesehatan menjadi awal perjalanan mencari kesembuhan.

Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan bahwa katup jantung Ny Joyce bocor dan ia direkomendasikan untuk mengkonsultasikan hal itu ke dokter jantung. Namun, saat berkonsultasi ke dokter dan kembali menjalani pemeriksaan hasilnya berbeda. Pemeriksaan ekokardiografi bagus, tekanan darah juga bagus, kadar gula darah normal, dan kolesterol pun bagus. “Mungkin laboratoriumnya yang keliru,” pikir Ny Joyce dan suami ketika itu.

Baca Selengkapnya : Patient Stories - TN ANG TJOENG ING - TANPA DUKUNGAN KELUARGA, SAYA TIDAK BERANI

Merasa penasaran dengan hasil pemeriksaan yang berbeda akhirnya perempuan kelahiran tahun 1979 itu mencari opini ke dokter kedua. Ternyata, hasilnya tetap sama, bagus semua. Belum puas dengan itu, ia kemudian menjalani ekokardiografi ulang di rumah sakit lain. Di situlah terkonfirmasi bahwa ada kebocoran klep jantung. Ny Joyce pun disarankan untuk menjalani pemeriksaan CT-Scan untuk mengetahui penyebabnya.

Hasil CT-Scan memperlihatkan pangkal aorta Ny Joyce membengkak dan sudah ada robekan (diseksi) 2,3 sentimeter. Dokter tidak berani mengambil tindakan apapun dan meminta waktu untuk berdiskusi dengan tim dokter lain. Ny Joyce diminta datang 2 minggu kemudian.

Selama ini, Ny Joyce sangat perhatian terhadap kondisi kesehatan. Ia akan berselancar di dunia maya menggali informasi kesehatan untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Itu juga yang ia lakukan ketika menunggu waktu dua minggu seperti disarankan dokter. Lewat internet itulah ia menemukan informasi tindakan medis yang tepat bagi gangguan kesehatannya.

Lewat internet Ny Joyce menemukan Heartology yang menyediakan layanan konsultasi daring. Seperti mendapat konfirmasi, beberapa dokter yang ada di Semarang maupun luar negeri yang dimintai saran oleh Ny Joyce pun merekomendasikan dr. Suko Adiarto SpJP(K) di Heartology.

Baca Selengkapnya : Patient Stories - MURZAINI : SAYA TIDAK TAKUT. SAYA SUDAH NEKAT JUGA, SAYA YAKIN

Ketika akhirnya berkonsultasi jarak jauh, dr. Suko mengatakan bahwa tindakan yang tepat untuk gangguan kesehatan Ny Joyce adalah operasi besar yang butuh persiapan dan peralatan yang memadai. Ny Joyce yang pernah menjalani operasi besar saat usia 7 tahun itu pun takut dan andaikan bisa ia tidak ingin operasi. Ia stress karena merasa kondisi tubuhnya tidak bermasalah tapi langsung disuruh operasi. Namun, Ny Joyce dan suaminya selalu yakin dengan pertolongan Tuhan.

Akhirnya, Ny Joyce pun bersedia menjalani operasi di Heartology dan berangkatlah dari Semarang menuju Jakarta. Bagi suami Ny Joyce, apa yang dijalani istrinya merupakan rangkaian mukjizat. Mukjizat pertama adalah mengetahui aorta bengkak. Andai saja terlambat terdeteksi dan sudah pecah tentu hasil operasi lebih jelek.”Tuhan mendengar doa kita”

Operasi rekonstruksi katup aorta yang akan dijalani Ny Joyce di Heartology membutuhkan darah yang banyak. Heartology hanya memiliki persediaan 20 kantung darah dan stok di PMI kosong. Padahal, butuh setidaknya 30 orang pendonor sebelum operasi dilakukan. “Kami ada teman dan saudara di Jakarta, tapi tidak sebanyak itu. Apalagi sekarang pandemi, orang tidak banyak keluar rumah,” kata suami Ny Joyce.

Setelah mereka berdoa kepada Tuhan, muncullah puluhan orang-orang yang mau menyumbangkan darahnya. Orang-orang yang mayoritas tidak dikenal oleh Ny Joyce dan suami. Darah yang dibutuhkan pun terkumpul.

Baca Selengkapnya : Patient Stories - CARLOS LUIS VINAS BARMONA : DI SINGAPURA BIAYANYA BISA TIGA KALI LEBIH MAHAL

Menjelang operasi Ny Joyce masih saja takut. Suami Ny Joyce kemudian menenangkan istrinya. Ia mengatakan, Tuhan sudah kasih mukjizat, Tuhan pasti menyembuhkan penyakit melalui tangan manusia. Caranya adalah dengan operasi. “Harus berpikir positif bahwa ini adalah jalan menuju kesembuhan,” katanya.

Setelah sekitar lima jam operasi dr. Dicky Aligheri Wartono, SpBTKV(K),menyatakan bahwa operasinya berjalan lancar dan katup aorta Ny Joyce tidak perlu diganti, masih bisa diperbaiki.

Ny Joyce berpesan kepada siapa pun yang mengalami kondisi kesehatan yang sama dengannya untuk segera menjalani tindakan operasi. “Jangan takut. Kalau ditangani dokter yang tepat, tetap berpikir positif, dan terus berdoa semuanya akan selesai dengan baik” katanya.

Ny Joyce Kumalasari Hartono

KEMBALI KE HALAMAN PATIENT STORIES