Elektrofisiologi Jantung

Elektrofisiologi

Pemeriksaan elektrofisiologi jantung merupakan tindakan minimal invasif untuk menilai sistem konduksi listrik di jantung, baik aktivitas listrik maupun jalur konduksi. Jika gangguan irama disebabkan oleh kelainan jaringan, elektrofisiologi dapat merusak jaringan dengan menggunakan gelombang radio (radiofrequency ablation) atau menggunakan alat pendingin (cryoablation).

Apa itu Elektrofisiologi Jantung?

Elektrofisiologi adalah pemeriksaan jantung yang menggunakan metode invasif untuk merekam dan mengevaluasi aktivitas listrik jantung. Pemeriksaan ini sederhana dan aman. Teknik elektrofisiologi dilakukan dengan mendengarkan sinyal listrik yang mengukur aktivitas listrik di jantung untuk memahami kondisi jantung. Elektrofisiologi digunakan untuk memeriksa dan mengobati penyakit jantung, terutama aritmia (gangguan irama jantung). Prosedur pemeriksaan ini memerlukan pengobatan sehingga pasien disarankan untuk beristirahat dan diawasi di rumah sakit selama beberapa jam sebelum diperbolehkan pulang. Pemeriksaan elektrofisiologi jantung juga mampu mengenali penyakit lain seperti penyumbatan jantung dan sebagainya.

Fungsi Pemeriksaan Elektrofisiologis Jantung

Elektrofisiologi berfungsi untuk mengetahui penyebab atau asal aritmia (gangguan irama jantung) pasien dapat muncul. Pemeriksaan ini juga digunakan untuk mengetahui apakah pengobatan pasien yang tepat untuk mengatasi aritmianya.

Pemeriksaan elektrofisiologi jantung dilakukan pada orang yang mengalami gejala atau tanda aritmia. Aritmia jantung disebabkan oleh gangguan impuls jantung atau gangguan listrik jantung. Hal ini dapat terjadi ketika sel saraf khusus di jantung yang bertanggung jawab untuk memproduksi dan menghantarkan listrik tidak bekerja dengan baik. Aritmia juga dapat terjadi jika bagian lain dari jantung menghasilkan sinyal listrik yang tidak normal.

Pemeriksaan ini juga dilakukan untuk mengetahui jenis implantable cardioverter defibrillator (ICD).

 

 

Prosedur

Tim Dokter

dr. Dicky Armein Hanafy, Sp.JP(K)    dr. Faris Basalamah, Sp.JP (K)  dr. Sunu Budhi Raharjo, Sp.JP (K), PhD

 

Info lebih lengkap Anda dapat berinteraksi langsung dengan Team kami