Check Up / Diagnostik Jantung

 

Pemeriksaan jantung adalah prosedur untuk mendeteksi gangguan pada jantung. Selain untuk mendiagnosis, pemeriksaan jantung juga dapat mengukur risiko seseorang terkena penyakit jantung sebelum gejalanya muncul. Dengan kata lain, pemeriksaan ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang berisiko tinggi menyebabkan kematian. Menurut WHO, penyakit jantung koroner menempati peringkat pertama penyebab kematian di Indonesia, dari kategori penyakit tidak menular. Data lain menyebutkan, 15 dari setiap 1000 orang di Indonesia menderita penyakit jantung. Meski sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian, penyakit jantung dapat diatasi dan juga dicegah. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan jantung ke dokter Spesialis Jantung yang berada di Heartology 

Jenis Pemeriksaan Jantung

Elektrokardiogram (EKG)

adalah pemeriksaan untuk merekam aktivitas listrik jantung. EKG merupakan pemeriksaan yang sering digunakan untuk memantau kondisi jantung dan mendeteksi gangguan jantung dengan cepat.

Ekokardiografi

Ekokardiografi adalah pemeriksaan jantung dengan menggunakan gelombang suara. Ekokardiografi berguna untuk memantau kondisi jantung, termasuk kondisi katup dan kemampuan jantung dalam memompa darah.

CT-scan 

CT scan jantung adalah pemeriksaan foto Rontgen yang menggunakan teknologi komputer sehingga bisa mendapatkan gambar jantung dari berbagai sudut.

dan juga 

Tim Dokter