Keunggulan Renal Denervation Bersama dr Faris Basalamah di Heartology untuk Hipertensi Membandel
Juni 5, 2023
Perbedaan Henti Jantung dan Serangan Jantung, Wajib Tahu!
Juni 6, 2023

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Kateterisasi Jantung

Heartology Cardiovascular Hospital - Kateterisasi jantung bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi jantung dan pembuluh darah di area sekitarnya secara rinci. Pemeriksaan ini biasanya disarankan oleh dokter ketika curiga adanya masalah pada jantung dan pembuluh darah.

Sebagai organ paling penting, kesehatan jantung harus diperhatikan. Untuk melihat kondisi kesehatan jantung, terdapat beberapa cara pemeriksaan yang dapat dilakukan. Salah satunya yaitu kateterisasi jantung atau angiogram koroner.

Banyak masalah pada jantung yang tidak menimbulkan gejala sebelum menjadi buruk. Itulah mengapa kateterisasi jantung penting.

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Kateterisasi Jantung

Kateterisasi jantung biasanya disarankan untuk penderita yang berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular. Pemeriksaan ini bisa mempermudah dokter untuk melihat dan mengetahui kondisi jantung dengan lebih rinci.

Karena merupakan salah satu tindakan untuk mengobati penyakit jantung, kateterisasi jantung biasanya dilakukaan ketika mengalami kondisi, seperti:

  • Gangguan irama jantung atau aritmia. Baik ketika terasa lebih lambat atau lebih cepat dari biasanya.
  • Adanya sumbatan pada pembuluh darah.
  • Adanya penyumbatan dan katup jantung tidak berfungsi dengan baik.
  • Adanya lubang atau kelainan dalam struktur jantung.

Prosedur

Kateterisasi jantung biasanya dilakukan di rumah sakit, oleh dokter dan tim perawat. Prosedur ini dilakukan sekitar satu jam. Kurang lebih, inilah prosedur kateterisasi jantung yang harus diketahui:

  • Sebelum melakukan tindakan, perawat akan memasang jalur intravena pada pembuluh darah di lengan. Hal ini untuk memberikan obat penenang agar Anda lebih rileks. Tapi Anda akan tetap terjaga dan mengikuti instruksi saat prosedur berlangsung.
  • Kemudian, perawat akan membersihkan dan mencukur area tempat dokter akan bekerja. Biasanya, ini dilakukan pada area selangkangan.
  • Anestesi lokal akan diberikan untuk membuat area tusukan jarum agar menjadi mati rasa.
  • Kemudian, dokter akan menusukkan jarum melalui kulit dan sampai ke pembuluh darah besar. Sebuah tabung kecil akan dimasukkan ke dalam bejana.
  • Dokter akan memasukkan kateter atau tabung panjang tipis ke dalam pembuluh darah secara perlahan dan melihat video pada layar. Video tersebut akan menampilkan posisi kateter ketika dimasukkan melalui pembuluh darah utama dan ke jantung.
  • Berbagai alat bisa ditempatkan di ujung kateter. Termasuk alat untuk mengukur tekanan darah untuk setiap ruang jantung dan pembuluh darah, melihat bagian pada pembuluh darah, mengambil sampel darah dari berbagai bagian jantung dan mengambil sampel jaringan (biopsi) dari jantung.
  • Setelah itu, dokter akan melepaskan kateter dan pembungkusnya. Kemudian, perawat akan menekan area untuk mencegah perdarahan. Terkadang perangkat penutup khusus akan digunakan.

Pasca Operasi

Setelah prosedur tersebut dilakukan, Anda akan dibawa ke ruang observasi. Kemudian, tim perawat akan memantau kondisi jantung, tekanan darah, dan suhu serta memeriksa tanda perdarahan di area kateter disisipkan secara berkala.

Pasca masa pemulihan, Anda bisa pulang ke rumah kecuali dokter memutuskan sebaliknya. Dalam beberapa kasus, pasien mungkin bermalam di rumah sakit untuk melakukan observasi lebih lanjut.

Perpaduan tim dokter spesialis jantung yang berpengalaman, peralatan yang canggih dan lokasi yang strategis,  menjadikan Heartology sebagai pusat jantung dan vaskular terdepan.

Dengan adanya Tim Dokter Spesialias dan bedah Kardiothoraksik yang berpengalaman dan terlatih. Teknologi Canggih, dengan peralatan yang tersedia, sesuai dengan perkembangan teknologi pengobatan jantung terkini. Penanganan Optimal, Mengusung pelayanan “Patient Centered Care”, yang mengutamakan kebutuhan dan keinginan pasien. Lokasi Strategis, Berada di pusat kota Jakarta yang mudah diakses dari berbagai penjuru dan transportasi.

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman dan didukung oleh peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, hingga aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)