Desember 18, 2023
Desember 18, 2023

Tindakan TEE: Pahami Prosedur dan Keunggulannya

Heartology Cardiovascular Hospital - Tindakan Transesophageal Echocardiography (TEE) adalah salah satu metode diagnostik yang penting dalam evaluasi penyakit jantung. Metode ini memungkinkan dokter untuk mendapatkan gambaran yang lebih rinci tentang struktur jantung dan aliran darah di dalamnya. Pemeriksaan Ekokardiografi Trans-esophageal (TEE) merupakan salah satu prosedur diagnostik yang tersedia di Heartology Cardiovascular Hospital. Mari simak lebih lanjut terkait tindakan Transesophageal Echocardiography

Apa itu Tindakan Transesophageal Echocardiography (TEE)?

TEE adalah prosedur diagnostik yang menggunakan gelombang suara (ultrasound) untuk menciptakan gambaran yang jelas tentang jantung. Dalam prosedur ini, transduser yang mengeluarkan gelombang suara ditempatkan di dalam kerongkongan pasien. Gambaran yang dihasilkan memungkinkan dokter untuk melihat secara langsung struktur jantung, katup, dan peredaran darah di sekitarnya. Pemeriksaan ini berguna pada pasien yang menderita kelainan umum pada jantung, seperti kelainan katup, pembuluh darah, anomali struktural, kelainan bawaan jantung, atau kondisi jantung lainnya.

Bagaimana Prosedur TEE Dilakukan?

Prosedur TEE memungkinkan visualisasi yang lebih jelas terhadap struktur anatomi jantung serta pembuluh darah yang terhubung, tanpa adanya gangguan dari gambaran tulang iga atau paru-paru. Tahapan pelaksanaan TEE (Trans-esophageal echocardiography) meliputi:

1. Persiapan Hingga Pemasangan

Persiapan pasien dengan pemasangan jarum infus dan pengangkatan gigi palsu (kecuali yang permanen). Pemasangan elektroda EKG pada dada pasien untuk merekam aktivitas listrik jantung selama prosedur. Pemasangan O2 nasal dan pemantauan saturasi perifer.

2. Anestesi Lokal

Penggunaan obat bius lokal di daerah tenggorokan untuk mengurangi sensasi tidak nyaman dan menekan refleks muntah. Jika diperlukan, pemberian obat sedatif melalui suntikan.

3. Penempatan Probe

Dokter akan memasukkan transduser melalui mulut pasien, melewati tenggorokan, dengan pasien diminta untuk menelan agar transduser sampai ke esofagus.

4. Pencitraan Ultrasound

Gelombang suara dipancarkan oleh probe untuk menciptakan gambaran yang akan diamati oleh dokter. Proses pengambilan gambar berlangsung sekitar 15 - 30 menit. Setelah selesai, transduser ditarik kembali dan jarum infus dilepas. Pasien disarankan untuk tidak makan atau minum selama satu jam setelah prosedur hingga efek bius lokal mereda.

Komplikasi Pemeriksaan TEE

Terdapat beberapa risiko komplikasi yang mungkin timbul selama pemeriksaan TEE, seperti ketidaknyamanan pada mulut dan tenggorokan Sedikit kesulitan menelan akibat efek bius lokal yang akan hilang dalam beberapa jam, perdarahan, luka pada mulut, risiko aspirasi, gangguan irama jantung, atau penurunan saturasi O2. Meskipun jarang terjadi, risiko-risiko ini perlu diperhatikan.

Keunggulan Tindakan TEE

  • Detail Lebih Tinggi: Dibandingkan dengan echocardiography transthoracic (TTE), TEE memberikan gambaran yang lebih mendetail karena probe berada lebih dekat dengan jantung.
  • Visualisasi Lebih Baik: Kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik karena tidak terhalang oleh tulang atau jaringan tubuh lainnya.
  • Diagnostik yang Akurat: TEE membantu dalam mendeteksi kelainan jantung yang mungkin sulit dilihat dengan metode lain.

Kapan TEE Diperlukan?

TEE sering digunakan dalam kasus:

  • Pencarian Penyebab Stroke: Untuk mengetahui apakah penyebab stroke berasal dari masalah jantung.
  • Evaluasi Katup Jantung: Untuk mengevaluasi kondisi katup jantung dan memantau perubahan.
  • Penilaian Aorta: Untuk memeriksa aneurisma atau diseksi aorta.

Prosedur Evaluasi Penyakit Jantung dengan TEE

Tindakan Transesophageal Echocardiography (TEE) adalah prosedur penting dalam evaluasi penyakit jantung. Dengan memberikan gambaran yang lebih rinci tentang jantung, TEE membantu dokter dalam diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat terhadap berbagai kondisi jantung.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai manfaat dan risiko dari TEE sebelum menjalani prosedur ini. Dokter akan memberikan informasi yang dibutuhkan sebelum dan sesudah pemeriksaan guna memastikan kenyamanan dan keamanan selama proses ini berlangsung.

Konsultasi dan Lakukan Pemeriksaan TEE di Heartology Cardiovascular Hospital

Konsultasikan masalah jantung Anda dengan ahli kami di Heartology Cardiovascular Hospital. Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui informasi yang tertera di website kami Heartology Cardiovascular Hospital untuk memulai langkah pertama menuju perawatan yang tepat.

Dengan perhatian yang tepat terhadap kesehatan jantung, Anda dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan secara keseluruhan. Mulailah perjalanan Anda menuju jantung yang sehat hari ini. (RF)