Desember 18, 2023
Desember 18, 2023

Tindakan CABG Jantung: Kenali Prosedurnya

Heartology Cardiovascular Hospital - Penyakit jantung adalah salah satu masalah kesehatan yang serius dan bisa mengancam jiwa. Salah satu metode yang umum digunakan untuk mengatasi masalah pada pembuluh darah jantung adalah prosedur tindakan CABG atau Coronary Artery Bypass Grafting. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari lebih lanjut mengenai prosedur ini, bagaimana dilakukannya, dan situasi kapan sebaiknya dipertimbangkan.

Apa Itu CABG Jantung?

CABG (Coronary Artery Bypass Grafting) adalah sebuah prosedur bedah jantung yang bertujuan untuk mengembalikan aliran darah normal ke otot jantung dengan cara membuat jalur baru di sekitar pembuluh darah yang tersumbat atau sempit. Prosedur ini dilakukan untuk memperbaiki aliran darah yang terhambat ke jantung akibat penyakit arteri koroner.

Kapan Diperlukan CABG?

CABG biasanya direkomendasikan dalam situasi-situasi berikut:

  • Ketika pembuluh darah koroner utama tersumbat secara signifikan.
  • Jika pasien telah mengalami serangan jantung yang parah.
  • Ketika terdapat risiko tinggi untuk masalah jantung lebih lanjut.

Bagaimana Proses CABG Dilakukan?

Durasi Operasi CABG

Proses operasi CABG di rumah sakit biasanya membutuhkan waktu 3-6 jam. Durasi operasi dapat bervariasi tergantung pada jumlah pembuluh darah yang harus digunakan sebagai pengganti pembuluh darah yang sempit. Pembuatan jalur alternatif untuk sirkulasi darah dapat melibatkan pembuluh darah dari berbagai bagian tubuh seperti kaki (vena saphena), dada (arteri mamaria interna), atau lengan (arteri radialis).

Menghubungkan Pembuluh Darah Graft

Setelah pembuluh darah yang akan digunakan sebagai graft diambil, dokter akan melakukan sayatan pada tulang dada untuk mencapai jantung. Saat menghubungkan pembuluh darah graft, jantung akan dihentikan sementara untuk proses tersebut. Selama periode ini, fungsi memompa darah oleh jantung akan digantikan oleh mesin luar tubuh. Hal ini memastikan organ-organ penting seperti otak, ginjal, dan tubuh lainnya tetap mendapatkan suplai oksigen selama aliran darah ke jantung diperbaiki.

Akhir Prosedur CABG

Setelah aliran darah ke jantung diperbaiki, jantung pasien akan diberikan rangsangan listrik terkontrol untuk memulai kembali detakannya. Pada akhir prosedur, tulang dada akan dipersatukan dengan kawat dan kulit dijahit menggunakan benang. Pasien yang menjalani operasi CABG umumnya membutuhkan waktu rawat inap selama satu minggu. Proses pemulihan dari operasi ini biasanya berlangsung antara enam minggu hingga dua bulan. Untuk memaksimalkan proses pemulihan, penting untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat.

Proses Pemulihan Setelah Operasi

Setelah operasi jantung, dada bisa terasa tidak nyaman terutama saat batuk. Perawat akan memberikan tips untuk mengurangi ketidaknyamanan tersebut, seperti memeluk guling atau bantal saat batuk. Dokter juga akan meresepkan obat untuk mengurangi rasa sakit di area bekas operasi. Setelah pulang ke rumah, penting untuk menjaga kebersihan area bekas operasi agar tetap kering. Instruksi khusus akan diberikan terkait mandi agar area tersebut tetap bersih. Kebanyakan pasien membutuhkan perawatan di rumah sakit selama sekitar satu minggu setelah operasi jantung CABG. Pasien juga diharapkan untuk berkonsultasi dengan dokter dalam rentang waktu sekitar 6-8 minggu setelahnya. Selama masa pemulihan, pasien perlu banyak istirahat dan dihindari melakukan aktivitas fisik yang berat. Pemulihan dari operasi jantung biasanya berlangsung sekitar 6 hingga 12 minggu.

Konsultasi Masalah Jantung dan Perawatan Lanjutan

Jika Anda atau orang terdekat mengalami masalah jantung, konsultasikan dengan ahli jantung untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat. Heartology Cardiovascular Hospital adalah tempat yang menyediakan layanan konsultasi dan perawatan jantung terbaik.

Kesimpulan

Prosedur CABG merupakan salah satu langkah penting dalam mengatasi masalah arteri koroner dan membantu memulihkan aliran darah normal ke jantung. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah prosedur ini diperlukan untuk kondisi jantung Anda. Jangan ragu untuk menghubungi Heartology Cardiovascular Hospital melalui website kami untuk mendapatkan bantuan dan informasi lebih lanjut tentang masalah jantung dan perawatan yang kami sediakan. (RF)