Desember 19, 2023
Desember 20, 2023

TEVAR: Solusi Penanganan Aneurisma

Heartology Cardiovascular Hospital - Aneurisma adalah kondisi serius pada pembuluh darah yang dapat membahayakan nyawa seseorang. Salah satu metode penanganan yang semakin populer adalah TEVAR (Thoracic Endovascular Aneurysm Repair). Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang apa itu TEVAR, bagaimana prosedurnya dilakukan, dan mengapa menjadi pilihan utama dalam menangani aneurisma.

Apa Itu TEVAR?

TEVAR merupakan prosedur bedah minimal invasif yang digunakan untuk memperbaiki aneurisma pada aorta toraks (bagian dada aorta). Melalui akses kecil pada pembuluh darah di kaki, sebuah stent graft ditempatkan di dalam aorta untuk memperkuat dinding pembuluh darah dan mencegah pecahnya aneurisma.

Prosedur TEVAR: Langkah demi Langkah

Prosedur TEVAR melibatkan penggunaan teknik diagnostik invasif menggunakan kateter untuk mencapai lokasi aneurisma dan melakukan intervensi bedah minimal. Tahap-tahapnya mencakup:

1. Persiapan Anestesi dan Sayatan Kecil

Pasien dipersiapkan dengan anestesi lokal atau umum sebelum tindakan dimulai, lalu dokter membuat sayatan kecil pada pangkal paha sebagai akses utama.

2. Penggunaan Alat Medis dan Bantuan Sinar X-Ray

Melalui sayatan tersebut, dokter memasukkan alat medis dan mengarahkannya melalui arteri menuju lokasi aneurisma dengan bantuan teknologi sinar X-Ray.

3. Penggunaan Cairan Kontras

Untuk memastikan visualisasi yang tepat, dokter menggunakan cairan kontras. Ini membantu dalam pemindaian sinar X-Ray untuk melihat dengan lebih jelas aorta yang memerlukan penanganan.

4. Pemasangan Stent Graft

Dengan panduan sinar X-Ray, dokter memasang stent graft secara hati-hati pada aorta yang terkena masalah. Langkah ini bertujuan untuk memperkuat dinding pembuluh darah yang rentan pecah.

Evaluasi Akhir

Sebelum menyelesaikan tindakan, dokter melakukan evaluasi menyeluruh terhadap area aorta yang ditangani. Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada kebocoran atau masalah lain yang perlu ditindaklanjuti sebelum prosedur selesai.

Keunggulan Tindakan TEVAR

TEVAR memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan operasi terbuka tradisional untuk memperbaiki aneurisma, antara lain:

Minim Invasif

TEVAR merupakan prosedur bedah minimal invasif yang membutuhkan sayatan kecil pada pangkal paha. Hal ini mengurangi risiko komplikasi pasca-operasi, infeksi, dan waktu pemulihan yang dibutuhkan.

Presisi Tinggi

Dengan bantuan teknologi sinar X-Ray, dokter dapat memasang stent graft dengan presisi tinggi pada lokasi aneurisma di aorta. Hal ini membantu memperkuat dinding pembuluh darah yang rentan pecah.

Risiko Komplikasi yang Rendah

Dibandingkan dengan prosedur bedah terbuka tradisional, TEVAR memiliki risiko komplikasi yang lebih rendah. Pasien memiliki peluang lebih kecil untuk mengalami infeksi atau reaksi yang merugikan pasca-operasi.

Waktu Pemulihan Lebih Cepat

Karena prosedur ini lebih minim invasif, pasien biasanya mengalami waktu pemulihan yang lebih singkat. Ini memungkinkan mereka untuk kembali ke aktivitas normal lebih cepat daripada operasi terbuka.

Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan memperbaiki aneurisma aorta toraks, TEVAR membantu mencegah pecahnya aneurisma yang bisa mengancam jiwa, sehingga meningkatkan kualitas hidup pasien dengan mengurangi risiko kejadian yang fatal.

Peran Penting Konsultasi Dokter

Meskipun TEVAR menjadi solusi inovatif, konsultasi dengan dokter spesialis sangatlah penting. Dokter akan mengevaluasi kondisi pasien dan menentukan apakah TEVAR merupakan opsi terbaik.

Kesimpulan: Pentingnya Konsultasi Jantung

Aneurisma aorta, yang memerlukan tindakan TEVAR, dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti aterosklerosis, vaskulitis, infeksi, atau trauma pada aorta. Faktor risiko termasuk hipertensi, merokok, usia lanjut, dan gaya hidup tidak sehat. Gejalanya mencakup nyeri pada dada atau punggung, sesak napas, batuk berulang, perubahan suara napas, dan kelelahan.

Jaga Kesehatan Pembuluh Darah dan Jantung Anda bersama Heartology

Jaga kesehatan pembuluh darah dan jantung Anda dengan perubahan gaya hidup sehat, termasuk diet seimbang, olahraga teratur, dan berhenti merokok. Lakukan pemeriksaan berkala dengan dokter untuk mendeteksi faktor risiko lebih dini. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan spesialis jantung jika mengalami gejala yang mencurigakan atau memiliki riwayat keluarga dengan masalah pembuluh darah. Tindakan preventif dapat mengurangi risiko terkena aneurisma aorta dan memperbaiki kualitas hidup Anda. Jangan menunda kesehatan jantung Anda. Konsultasikan masalah jantung dan lakukan perawatan bersama Heartology Cardiovascular Hospital. Jadwalkan konsultasi dan perawatan jantung bersama Hertology dengan tim kami yang berpengalaman. (RF)