Maret 7, 2024
Maret 31, 2024

Tangani Aritmia Dengan Ablasi 3 Dimensi

Heartology Cardiovascular Hospital - Seiring dengan berkembangnya teknologi kedokteran, teknologi penanganan tindakan ablasi aritmia pun semakin berkembang. Salah satunya adalah HD Grid 3D Mapping System. Apakah teknologi medis tersebut?

Pengertian

Dokter spesialis jantung Heartology Cardiovascular Hospital dr Sunu Budhi Raharjo PhD SpJP(K) mengatakan ada beberapa orang yang mengalami irama jantung yang tidak normal. Kebanyakan dari mereka tidak menyadari gangguan ini hingga merasakan gejala yang lebih berat seperti sesak napas dan pingsan mendadak.

Detak jantungnya dapat terlalu cepat, terlalu lambat atau tidak teratur. Kondisi ketika detak jantung tidak berdenyut dengan ritme normal inilah yang dinamakan Aritmia. Ketika terjadi aritmia, beberapa orang tidak menyadari kondisi mereka karena gejalanya tidak spesifik.

HD Grid 3D Mapping

Teknologi HD Grid 3D Mapping system yang digunakan di Heartology Cardiovascular Hospital memberikan paradigma baru dalam pemetaan aritmia, termasuk FA (FIbrilasi Atrium). Paradigma lama menggunakan kateter bipolar, sedangkan HD Grid menggunakan kateter multipolar dan multidirectional, sehingga bisa mendeteksi gap (celah) yang tidak terlihat oleh kateter bipolar. Selain itu, teknologi pemetaan ini menggabungkan pemetaan magnetik dan impedans secara bersamaan yang memungkinkan tindakan kateter ablasi dilakukan dengan tingkat presisi dan akurasi yang tinggi.

Prosedur

Hal ini dibuktikan dengan hasil klinis yang menunjukkan bahwa penggunaan teknologi ini mampu menurunkan tingkat kekambuhan menjadi hanya sekitar 5-10% setahun pasca tindakan (artinya 5-6x lipat lebih baik dibanding teknologi yang lama).

Hal lain yang juga penting adalah waktu tindakan yang bisa lebih cepat. Heartology Cardiovascular Center hadir sebagai rumah sakit jantung dengan tim dokter spesialis jantung yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir, dapat menangani diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular dewasa dan anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)