Juli 17, 2023
Juli 20, 2023

Serangan Jantung: Mengenal Gejala, Penyebab, dan Pencegahan

Heartology Cardiovascular Hospital - Serangan jantung merupakan kondisi medis serius yang terjadi saat pasokan darah ke jantung terhenti atau terganggu secara tiba-tiba. Dalam artikel ini, kita akan membahas gejala serangan jantung, faktor risiko yang mempengaruhinya, penyebab yang mendasarinya, serta langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Pengertian Serangan Jantung

Serangan jantung atau yang dikenal sebagai infark miokard atau penyakit arteri koroner, terjadi saat pembuluh darah yang memasok oksigen dan nutrisi ke jantung tersumbat atau pecah.

Hal ini bisa menyebabkan kerusakan permanen pada otot jantung bahkan menyebabkan kematian. Penting untuk mengenali gejala serangan jantung dan segera mencari bantuan medis darurat untuk mengurangi risiko komplikasi yang lebih serius.

Gejala yang Bisa Timbul

Gejala serangan jantung bisa berbeda-beda pasa setiap individu, tapi beberapa gejala umum yang sering terjadi termasuk nyeri atau tekanan pada dada, nyeri yang menjalar ke lengan, leher, rahang, atau punggung, sesak napas, mual, muntah, serta berkeringat secara berlebihan. Mengenal gejala ini merupakan langkah penting dalam mendapat perawatan medis segera.

Faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan terjadinya serangan jantung yaitu seperti usia tua, riwayat keluarga dengan penyakit jantung, merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, obesitas, serta gaya hidup tidak sehat seperti pola makan yang tidak seimbang dan kurangnya melakukan aktivitas fisik. Penting untuk memahami faktor risiko ini dan menerapkan gaya hidup yang sehat untuk mengurangi risiko serangan.

Penyebab Serangan Jantung

Penyebab utama serangan jantung yaitu pembentukan plak di dalam arteri koroner yang menyempitkan aliran darah ke jantung. Plak terbentuk dari penumpukan kolesterol dan zat lain yang pada dinding arteri.

Apabila plak pecah, ini dapat menyebabkan pembekuan darah yang menyumbat aliran darah sepenuhnya, maka akan menyebabkan serangan. Faktor-faktor seperti merokok, tekanan darah tinggi, dan diabetes juga bisa mempercepat proses pembentukan plak ini.

Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Pencegahan serangan jantung melibatkan mengelola faktor risiko yang bisa dikendalikan dan mulai menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa langkah yang bisa dilakukan seperti berhenti merokok, menjaga tekanan darah dan kolesterol dalam rentang normal, makan makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, dan rutin berolahraga. Penting juga untuk menjalani pemeriksaan medis rutin, seperti tes darah dan EKG, serta berkonsultasi dengan dokter untuk memeriksa kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Risiko

Untuk menghadapi risiko serangan jantung, edukasi diri merupakan kunci. Mengetahui gejala dan faktor risiko, dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, bisa membantu untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Anda harus menjaga pola hidup sehat, konsultasikan dengan dokter secara teratur, dan tetap waspada pada tanda-tanda serangan . Anda mempunyai kendali atas kesehatan jantung Anda, jadi mulailah dari sekarang.

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman dan didukung oleh peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, hingga aritmia. (RF)