Januari 29, 2024
Januari 30, 2024

Penanganan Penyakit Jantung Koroner di Heartology Cardiovascular Hospital

Heartology Cardiovascular Hospital - Penyakit jantung koroner terjadi ketika pembuluh darah yang menyuplai darah ke otot jantung menyempit atau tersumbat dan membuat aliran darah terhambat. Jika tidak segera ditangani, penyakit jantung coroner dapat menyebabkan otot jantung melemah sehingga muncul komplikasi seperti aritmia dan gagal jantung.

Penyebab Jantung Koroner

Penyebab utama penyakit jantung koroner adalah karena adanya penumpukan plak lemak dan kolesterol. Hal ini dapat berakibat terganggunya aliran darah dari dan ke jantung. Penumpukan plak yang menyumbat dan berangsur lama, dapat membuat dinding arteri menyempit atau biasa disebut aterosklerosis.

Gejala Penyakit Jantung Koroner

Jika pembuluh arteri menyempit, maka dapat menyebabkan aliran darah yang kaya akan oksigen menjadi terhambat. Hal ini dapat menimbulkan beberapa gejala, di antaranya:  

Nyeri dada

Nyeri dada atau angina disebabkan oleh otot jantung yang tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Rasa nyeri yang dirasakan seperti  ada tekanan atau sesak di dada yang biasanya terjadi di bagian tengah atau kiri dada. Umumnya rasa nyeri dapat hilang tidak lama setelah menghentikan aktivitas atau istirahat.

Sesak napas

Sesak napas yang disertai dengan rasa lelah dan keringat berlebih merupakan gejala umum dari penyakit jantung koroner. Hal ini disebabkan oleh jantung yang tidak dapat memompa darah dengan maksimal, sehingga seseorang merasa kesulitan bernapas.

Serangan jantung

Arteri koroner yang tersumbat dapat menyebabkan serangan jantung. Tanda dan gejala umum serangan jantung adalah rasa sakit di dada seperti ada tekanan yang menjalar ke bahu atau lengan, leher, dan punggung. Kadang juga disertai dengan sesak napas dan keringat berlebih.

Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi faktor risiko penyakit jantung coroner, di antaranya:

  • Hipertensi
  • Diabetes
  • Kolesterol tinggi
  • Kebiasaan merokok
  • Pola makan tidak sehat
  • Genetik
  • Usia lanjut

Heartology Cardiovascular Center hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)