Indikasi Kateterisasi Jantung yang Harus Diketahui
Juni 15, 2023
Juni 19, 2023

Penanganan Kelainan Jantung Bawaan VSD di Heartology Bersama dr. Dicky Aligheri

 Heartology Cardiovascular Hospital - Heartology Cardiovascular Hospital menjadi salah satu pusat penanganan jantung unggulan karena kemampuan tim dokter spesilalis yang mumpuni dengan pengalaman dengan jam terbang yang tinggi di bidangnya, baik di dalam maupun di luar negeri. Salah satu prosedur medis kegawatdaruratan jantung yang dilakukan adalah Penutupan Ventricular Septal Defect (VSD)

Pengertian Ventricular Septal Defect

Ventricular septal defect (VSD) adalah kelainan jantung yang ditandai dengan adanya celah atau lubang di antara kedua bilik jantung. Pada kondisi normal, seharusnya lubang atau celah tersebut tidak ada.

Ventricular septal defect atau defek septum ventrikel merupakan salah satu jenis penyakit jantung bawaan. Kondisi ini dapat terjadi sejak usia kehamilan 8 minggu, yaitu pada saat proses pembentukan jantung janin berlangsung.

Penyebab Ventricular Septal Defect (VSD)

Defek septum ventrikel (VSD) disebabkan oleh gangguan dalam proses pembentukan jantung di dalam kandungan. Gangguan ini menyebabkan dinding pemisah antara bilik kanan dan bilik kiri jantung tidak menutup dengan sempurna.

Belum diketahui secara pasti pemicu terjadinya gangguan tersebut. Namun, faktor kelainan genetik dan lingkungan diduga menjadi faktor utama yang menyebabkan seseorang menderita kondisi ini.

Meski jarang, defek septum ventrikel juga berisiko dialami oleh orang dewasa. Kondisi ini dapat terjadi pada penderita serangan jantung atau orang yang mengalami cedera hebat di bagian dada, misalnya akibat kecelakaan.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena VSD, antara lain:

  • Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung bawaan
  • Menderita kelainan genetik, seperti Down Syndrome

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai rumah sakit jantung dengan tim dokter spesialis jantung yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir, dapat menangani diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular dewasa dan anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)