Januari 30, 2024
Februari 1, 2024

Penanganan Kebocoran Jantung Akibat Kelainan Katup di Heartology Cardiovascular Hospital

Heartology Cardiovascular Hospital - Jantung bekerja keras setiap saat, berdetak lebih dari 100 ribu kali dan memompa darah sekitar 2.000 galon per hari.

Banyak di antara kita yang tak begitu memikirkan organ yang amat penting ini. Masalah yang membahayakan, contohnya Kebocoran Jantung dapat terjadi pada beberapa pasien. Kebocoran Jantung di sini bukan berarti ada lubang pada jantung, melainkan terganggunya fungsi katup jantung sehingga darah tidak mengalir sempurna. Selain terdiri atas empat ruang, yaitu dua serambi (atrium) dan dua bilik (ventrikel), jantung memiliki empat katup yang bekerja mengatur aliran darah yang melewati jantung. Katup bergerak membuka ketika darah mengalir dari satu ruang ke ruang lain, lalu menutup agar darah tak kembali ke ruang tempatnya mengalir sebelumnya.

Ketika terjadi masalah pada katup jantung, fungsi ini terganggu dan menyebabkan kondisi medis yang disebut Kebocoran Jantung.

Penanganan Kebocoran Jantung

Dalam beberapa kasus ketika gejala tidak berat, Kebocoran Jantung tak memerlukan tindakan khusus bedah. Namun penanganan mendesak dilakukan bila:

  • Gejala sesak yg mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari
  • Produktivitas pasien turun
  • Muncul gejala yang mengganggu
  • Jantung terpaksa bekerja lebih keras
  • Membahayakan jiwa pasien

Heartology Cardiovascular Center hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia.

Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)