Januari 29, 2024
Januari 31, 2024

Pemeriksaan Elektrofisiologis Jantung untuk Aritmia di Heartology Hospital

Heartology Cardiovascular Hospital - Pemeriksaan Elektrofisiologis jantung di Heartology Cardiovascular Hospital merupakan tindakan minimal invasive untuk menilai sistem konduksi listrik di jantung, baik aktivitas listrik maupun jalur konduksinya. Apabila gangguan irama disebabkan oleh kelainan jaringan, prosedur elektrofisiologi dapat menghancurkan jaringan penyebab Aritmia tersebut sekaligus. Prosedur ini tersedia dalam pelayanan Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Heartology Cardiovascular Hospital

Apa Itu Elektrofisiologis Jantung?

Pemeriksaan Elektrofisiologis jantung merupakan pemeriksaan yang menggunakan metode intervensi non-bedah untuk merekam dan mengevaluasi aktivitas listrik jantung. Prosedur ini sederhana dan aman. . Elektrofisiologi jantung dapat juga digunakan untuk pemeriksaan dan penanganan penyakit jantung, terutama aritmia (gangguan irama jantung).

Prosedur ini membutuhkan perawatan terlebih dahulu sehingga pasien disarankan untuk beristirahat dan diawasi terlebih dahulu di rumah sakit untuk beberapa jam sebelum diizinkan pulang. Elektrofisiologi jantung juga mampu mendeteksi penyakit lain seperti penyumbatan jantung dan lain sebagainya. Heartology Cardiovascular Hospital  hadir sebagai rumah sakit jantung dengan tim dokter spesialis jantung yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir, dapat menangani diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia.

Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular dewasa dan anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)

Fungsi Pemeriksaan EP Study

EP Study berfungsi untuk mengetahui penyebab atau asal aritmia (gangguan irama jantung) pasien. Pemeriksaan ini juga digunakan juga untuk mengetahui apakah pengobatan pasien sudah tepat untuk mengatasi aritmianya. EP Study jantung dilakukan pada orang-orang yang mengalami gejala atau tanda-tanda aritmia.

Penyakit jantung aritmia disebabkan oleh gangguan impuls jantung maupun gangguan penghantaran listrik jantung. Hal ini dapat terjadi bila sel saraf khusus pada jantung yang bertugas menghasilkan dan menghantarkan listrik tersebut tidak bekerja dengan baik. Aritmia juga dapat terjadi bila bagian lain dari jantung menghasilkan sinyal listrik yang abnormal. (RF)