Kenali Gejala Penyakit Gagal Jantung Kongestif
Mei 30, 2023
Kedokteran Modern untuk Menangani Penyakit Jantung Koroner
Mei 31, 2023

Pasang Ring Jantung, ini Manfaatnya

Heartology Cardiovascular Hospital – Apakah Anda membutuhkan pasang ring jantung? Kenali terlebih dahulu apa manfaatnya. Simak dalam artikel ini.

Mengapa Harus Pasang Ring Jantung?

Pasang Ring jantung atau stent adalah sebuah tabung kecil yang berbentuk jaring kawat dan terbuat dari plastik dan platinum kromium kobalt. Tabung tersebut biasanya dilapisi obat yang bisa mencegah terjadinya pembentukan jaringan parut dalam pembuluh darah.

Tujuan pemasangan ring ini yaitu untuk menjaga arteri agar tetap terbuka sehingga melancarkan kembali aliran darah yang tersumbat.

Pasang Ring Jantung, ini Manfaatnya

1. Melancarkan Aliran Darah

Ring jantung akan memperbesar rongga pembuluh darah, jadi aliran darah menjadi lancar. Hal ini bermanfaat dalam kasus serangan jantung yang sering menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Adanya ring akan membuat aliran darah tetap terjaga, sehingga serangan jantung tidak akan berakibat fatal.

2. Menangani Penyakit Jantung Koroner

Cara pasang ring jantung yaitu dengan memperbaiki masalah penyempitan dalam pembuluh darah.

Itulah mengapa hal ini bisa memperbaiki kondisi kesehatan penderita jantung koroner dengan cara mengurangi gejalanya.

Apabila segera ditangani, maka risiko kerusakan sel jantung akan berkurang dan jantung akan berfungsi secara normal.

3. Meningkatkan Kualitas Hidup

Harapan hidup setelah tindakan ini akan menjadi lebih panjang dari sebelumnya karena mempunyai kesempatan untuk hidup dengan baik. Terutama untuk penderita penyakit jantung koroner.

4. Operasi Bypass Koroner

Karena pasang ring jantung lebih tidak invasif dan pemulihan pasca operasi juga lebih cepat, tindakan ini menjadi opsi selain operasi bypass jantung koroner.

5. Meredakan Gejala yang Dirasakan

Ketika merasa nyeri pada bagian dada mereda, tentunya ini akan meningkatkan kegiatan Anda sehari-hari. Dengan melakukan tindakan ini, Anda akan merasa nyaman kembali untuk melakukan banyak aktivitas.

6. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Jika terjadi serangan jantung secara tiba-tiba, beberapa kerusakan pada organ jantung mungkin akan terjadi.  Tapi, ring jantung bisa meminimalisir risiko kerusakan otot jantung dan serangan jantung lain.

7. Sifatnya Permanen

Apakah ada batas waktu pasca pasang ring jantung? Tidak. Karena sifatnya permanen, terutama yang berbahan logam. Bahkan Anda mempunyai risiko yang sangat kecil untuk tersumbat kembali pembuluh darah.

Kapan Waktu Pasang Ring Jantung?

Waktu yang tepat untuk melakukannya tentu berbeda bagi setiap orang. Ini ciri-ciri harus pasang ring jantung yang harus diperhatikan.

  • Saat arteri koroner penuh oleh plak yang menyumbat aliran pembuluh darah.
  • Nyeri pada bagian dada (angina) karena aliran dari pembuluh darah koroner yang tersumbat atau mengalami penyempitan.
  • Cek kondisi jantung menampilkan hasil yang abnormal.
  • Kerusakan fungsi jantung saat serangan jantung parah.
  • Mempunyai penyakit arteri koroner.
  • Hasil CT-scan menampilkan adanya penyempitan pada pembuluh darah koroner.
  • Jantung tetap bermasalah meski sudah melakukan pengobatan dan menerapkan gaya hidup sehat.

Dalam kondisi yang lebih parah seperti serangan jantung dan penyakit jantung koroner yang terus memburuk, ring jantung tentu sangat dibutuhkan.

Perpaduan tim dokter spesialis jantung yang berpengalaman, peralatan yang canggih dan lokasi yang strategis, menjadikan Heartology sebagai pusat jantung dan vaskular terdepan.

Dengan adanya Tim Dokter Spesialias dan bedah Kardiothoraksik yang berpengalaman dan terlatih. Teknologi Canggih, dengan peralatan yang tersedia, sesuai dengan perkembangan teknologi pengobatan jantung terkini.

Penanganan Optimal, Mengusung pelayanan “Patient Centered Care”, yang mengutamakan kebutuhan dan keinginan pasien. Lokasi Strategis, Berada di pusat kota Jakarta yang mudah diakses dari berbagai penjuru dan transportasi.

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman dan didukung oleh peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, hingga aritmia. (RF)