Primary PCI: Cara Ampuh Atasi Serangan Jantung di Heartology Heart Attack Center
Juni 13, 2023
Kondisi yang Dapat Menyebabkan Gagal Jantung
Juni 14, 2023

Pasang Ring Jantung di Heartology Oleh dr.Faris Basalamah

Heartology Cardiovascular Hospital - Heartology Cardiovascular Hospital dikenal mampu menghadirkan terobosan dan penggunaan teknologi medis terbaru untuk segala penyakit jantung dan pembuluh darah, salah satunya tindakan Pasang Ring Jantung yang dilakukan oleh Dokter Faris Basalamah Sp.JP (K)

Apa Itu Pasang Ring Jantung?

Pasang ring jantung adalah prosedur pemasangan alat berbentuk tabung kecil yang biasanya terbuat dari logam untuk membuka arteri yang tersumbat. Alat inilah yang dinamakan ring jantung atau stent. Penyempitan atau tersumbatnya arteri terjadi akibat penumpukan plak di dalam pembuluh darah. Plak ini terdiri atas kolesterol dan zat lain. Dengan memasang ring jantung, aliran darah yang sebelumnya tersumbat dapat kembali lancar.

Saat jantung tak mendapat pasokan darah yang lancar, fungsinya akan terganggu. Serangan jantung bisa terjadi tatkala aliran terhenti sama sekali. Karena itu, ring jantung dapat menekan risiko terkena serangan jantung. Selain di arteri, stent dapat dipasang di pembuluh darah atau saluran lain di dalam tubuh.

Arteri, yang merupakan pembuluh pembawa darah kaya oksigen dan nutrisi dari dan ke jantung, bisa dipenuhi plak seiring dengan waktu. Terlebih bagi orang-orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat. Plak ini dapat mengeras, menimbulkan sumbatan, dan menghalangi aliran darah ke organ-organ utama.

Pasang ring jantung merupakan pilihan penanganan ideal bagi pasien penyakit jantung koroner karena memiliki tingkat kesuksesan tinggi. Namun tidak semua pasien penyakit jantung bisa menjalani prosedur non-operasi ini. Dokter spesialis jantung akan melakukan pemeriksaan dulu sebelum merekomendasikan pemasangan ring jantung.

Siapa yang Memerlukan?

Pasang ring jantung berguna untuk mengurangi gejala penyakit jantung berupa nyeri dada atau angina. Rasa nyeri ini bisa datang tiba-tiba, tapi umumnya muncul ketika pasien sedang melakukan aktivitas fisik berat, seperti berolahraga. Bila Anda terdiagnosis mengalami masalah kesehatan ini, ring jantung bisa menjadi pilihan yang tepat.

dr. Faris Basalamah, SpJP(K) adalah salah seorang dokter spesialis di Heartology yang memiliki keahlian pada bidang intervensi jantung dan elektrofisiologi.

Beberapa publikasi ilmiah sudah dihasilkan oleh dr. Faris Basalamah, SpJP(K) dan dimuat di Jurnal American College of Cardiology, Journal of Arrhythmia, dan Jurnal Kardiologi Indonesia.

Saat ini, dr. Faris Basalamah, SpJP(K) tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Cabang Jakarta, Perhimpunan Intervensi Kardiologi Indonesia (PIKI) Jakarta dan Perhimpunan Aritmia Indonesia (InaHRS).

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)