Maret 8, 2024
Maret 31, 2024

MENGENAL TINDAKAN SUBCUTANEOUS IMPLANETABLE CARDIOVERTER DEFIBRILLATOR (S-ICD)

Heartology Cardiovascular Hospital - Jenis penyakit jantung yang paling sering mengakibatkan henti jantung adalah gangguan irama jantung (aritmia) yang berupa fibrilasi ventrikel atau takikardia ventrikel yang cepat. Di Indonesia, jumlah pasien yang meninggal akibat kematian jantung mendadak diperkirakan lebih dari 100.000 jiwa per tahun.  

Heartology pertama kali berhasil melakukan pemasangan S-ICD pada pasien laki-laki usia 46 tahun asal Papua. Pasien relatif tanpa keluhan sakit, tetapi dari pemeriksaan EKG ditemukan adanya gangguan irama (aritmia) yang disebut Sindrom Brugada. 

Apa itu pemasangan S-ICD? 

S-ICD (Subcutaneous Implantable Cardioverter Defibrillator) adalah metode tindakan pemasangan alat kardiak defibrilator implan (ICD) atau alat menormalkan denyut jantung. Umumnya, alat dipasang langsung di jantung, tetapi dengan metode S-ICD dapat dipasang di bawah kulit. 

Selain implantasi ICD, tatalaksana lain dari sebuah gangguan irama jantung dapat berupa tindakan kateter ablasi 3 dimensi. Saat ini Heartology Cardiovascular Hospital juga dilengkapi alat ablasi 3D yang termutakhir yaitu, EnsiteX, yang akan memberikan akurasi tinggi dalam manajemen berbagai gangguan aritmia.   

Kerjasama yang baik dengan berbagai instansi di tanah air, kolaborasi multidisiplin di Heartology ditujukan untuk memastikan setiap pasien menerima perawatan yang berkualitas, dengan teknologi dan prosedur mutakhir, sehingga diperolah luaran klinis yang terbaik bagi pasien. 

Heartology terus berkomitmen memberikan pelayanan jantung dan pembuluh darah secara komprehensif dengan dukungan teknologi mutakhir, menghasilkan medical outcome terbaik, dan membantu meningkatkan kualitas serta harapan hidup pasien.lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. 

Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)