Mengapa usia muda perlu medical check up jantung
Januari 21, 2023
Februari 1, 2023

Penanganan Terkini Pernyakit Arteri Perifer dengan Bedah Vaskuler di Heartology

PAP atau penyakit arteri perifer adalah kondisi dimana aliran darah ke tungkai atau lengan tersumbat akibat penyempitan pembuluh darah. Penyumbatan ini paling sering disebabkan oleh atheroskeloris (gambar 1). Penanganan penyakit arteri perifer dan kelainan vaskuler lainnya banyak ditangani oleh dokter Suko Adiarto di Heartology Cardiovascular Center. Dokter unggulan dengan fasilitas ruang operasi hybrid dan teknologi medis terkini membuat segala tindakan jantung dan pembuluh darah di Heartology menjadi lebih mudah dikerjakan dan akurat, sehingga memaksimalkan medical outcome yang memuaskan.

Arteri adalah pembuluh darah yang berfungsi mengalirkan darah kaya oksigen dan nutrien ke seluruh tubuh, termasuk organ-organ penting seperti jantung dan otak.

Penyakit ini terkadang tidak menimbulkan gejala dan berkembang secara perlahan. Jika dibiarkan tanpa penanganan, penyakin arteri perifer bisa memburuk hingga menimbulkan kematian jaringan dan beresiko untuk diamputasi.

Arteri bisa menyempit dan mengeras karena penumpukan plak yang terdiri atas kolesterol, kalsium, dan zat lemak lain di dalam darah. Plak ini sedikit demi sedikit memenuhi pembuluh darah hingga menghalangi aliran darah. Bila arteri menyempit atau tersumbat, darah tak dapat lewat dan memberikan nutrisi ke jaringan tubuh. Akibatnya, otot organ tak dapat bekerja normal dan akhirnya rusak. Gejala Penyakit Arteri Perifer

Tak sedikit orang yang memiliki penyakit arteri perifer tanpa menunjukkan gejala dalam jangka waktu lama. Kebanyakan mengira gejalanya sebagai gejala penyakit lain yang mirip atau bahkan menganggapnya sebagai hal yang wajar. Gejala itu meliputi:

  • Rasa nyeri, tidak nyaman, berat, mati rasa, terbakar, pegal, kesemutan, atau keram di betis, paha, pinggul, bokong, atau kaki yang terjadi saat berjalan atau menaiki tangga.
  • Kulit di kaki menjadi pucat atau kebiruan saat diangkat
  • Kaki terasa dingin
  • Kaki berubah menjadi merah kehitaman saat berdiri atau duduk
  • Tak ada pertumbuhan pada rambut atau kuku kaki
  • Rambut rontok
  • Bila terluka, jari kaki atau bagian kaki lain sulit sembuh atau tak bisa sembuh sama sekali

Penyebab Penyakit Arteri Perifer

Dalam banyak kasus, penyebab penyakit arteri perifer adalah atherosklerosis yang menghambat peredaran darah. Penyebab lain yang jarang di antaranya:

 

  • Cedera pada kaki atau lengan
  • Paparan radiasi
  • Peradangan pembuluh darah
  • Abnormalitas anatomi ligamen atau otot

Adapun faktor yang meningkatkan risiko terkena PAP mencakup pertambahan usia, kebiasaan merokok, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, dan kadar kolesterol tinggi. Orang yang menderita penyakit jantung dan stroke juga berisiko tinggi mengalami PAP. Riwayat keluarga juga berperan dalam peningkatan risiko penyakit arteri ini.