Juli 17, 2023
Juli 17, 2023

Apakah Penyumbatan Jantung Berbahaya?

Heartology Cardiovascular Hospital - Jantung adalah organ vital manusia yang mempunyai peran penting. Fungsi jantung yaitu memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Maka dari itu, Anda harus menjaganya supaya berbagai masalah kesehatan jantung tidak muncul, salah satunya seperti penyumbatan jantung.

Ada beberapa alasan mengapa penyumbatan jantung terjadi. Ketika Anda merasakan gejalanya, sebaiknya Anda jangan mengabaikannya begitu saja dan harus segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut

Apa Itu Penyumbatan Jantung?

Ada beberapa hal yang membuat jantung mengalami gangguan, seperti penyumbatan jantung. Gangguan ini menyerang pembuluh darah koroner sehingga menyebabkan timbulnya sejumlah penyakit serius hingga kematian.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mewaspadai terjadinya penyumbatan. Jangan sampai Anda membiarkan gaya hidup tidak sehat mempengaruhi kesehatan jantung. Karena akibat yang muncul nantinya bisa sangat berbahaya bagi pengidap.

Gejala yang Muncul Karena Jantung Tersumbat

Jantung tersumbat terjadi karena adanya penyempitan pada pembuluh darah koroner. Di awal, mungkin penderitanya tidak akan merasakan gejala-gejalanya. Tapi jika kondisinya semakin buruk, biasanya akan muncul gejala seperti:

1. Serangan Jantung

Saat pembuluh darah telah tersumbat total, maka akan terjadi serangan jantung. Kondisi ini terjadi karena tidak ada pasokan darah yang cukup untuk jantung sehingga fungsi jantung akan terganggu.

Sebelum terjadi kerusakan permanen, penanganan secara cepat akan menurunkan risiko terjadinya kondisi yang lebih buruk. Biasanya, serangan jantung akan diawali dengan angina pektoris yang berlangsung kurang lebih 15 menit. Untuk gejala yang lain yaitu mual, lemas, pusing, dan pasien mengeluarkan keringat dingin.

2. Pusing dan Kelelahan

Penyumbatan jantung membuat organ tersebut harus bekerja dengan lebih ekstra. Biasanya tubuh akan memberikan respon seperti mudah lelah meski tidak melakukan kegiatan yang berat.

Pusing dan kelelahan juga menjadi tanda adanya masalah kesehatan jantung, pemeriksaan lebih lanjut sangat dibutuhkan. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan hasil diagnosis yang benar.

3. Sesak Napas

Saat jantung tidak bisa memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan organ tubuh, pengaruh paling terasa yaitu di pernafasan yang terganggu. Gejala yang timbul yaitu pengidap akan sulit untuk bernafas meskipun sedang tidak flu atau tidak mempunyai riwayat asma.

Kondisi ini akan semakin memburuk jika tidak mendapat penanganan dengan tepat, apalagi pasiennya melakukan kegiatan yang terlalu tinggi atau mengalami stres.

4. Angina Pektoris

Bagi yang asing dengan istilah ini, angina pektoris merupakan kondisi dimana timbulnya rasa nyeri akibat suplai darah ke jantung berkurang. Ketika sumbatan semakin berat, kinerja jantung akan semakin terganggu.

Pada pengidap penyumbatan jantung, angina pektoris sering timbul selama beberapa menit. Biasanya orang yang kelelahan atau stres lebih sering merasakan gejala ini. Maka dari itu, jaga agar tubuh tetap stabil dan tidak mengalami stres berlebih.

Penyebab yang Paling Umum

Ada beberapa alasan mengapa jantung dapat tersumbat. Penyebab umumnya yaitu merokok, diabetes, tekanan darah tinggi, umur tua, jenis kelamin laki laki, obesitas, dan riwayat penyakit tertentu.

Penyumbatnya sendiri terbentuk dari penumpukan plak atau aterosklerosis. Penyebabnya yaitu kolesterol, sisa metabolisme, lemak, kalsium, dan bahan pembeku darah berjenis fibrin yang biasanya ada di dinding pembuluh darah jantung.

Kemudian plak yang terbawa oleh darah akhirnya tertimbun di dinding pembuluh darah. Akhirnya, plaknya menebal dan menghalangi aliran darah menuju jantung sehingga menyebabkan penyumbatan di aliran pembuluh darah jantung.

Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman dan didukung oleh peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, hingga aritmia. (RF)