Heartology Cardiovascular Hospital Kebayoran
Maret 29, 2023
April 5, 2023

Apa itu Primary PCI dan Elective PCI

PCI atau percutaneous coronary intervention banyak menjadi pilihan untuk menangani penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah yang mengarah ke arteri koroner. Dengan adanya PCI, dalam prosedur penanganan pasien oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah lebih sederhana daripada operasi lainnya. Terdapat dua macam PCI, yakni Primary PCI dan Elective PCI.

Perbedaan Primary PCI dan Elective PCI:

Primary PCI

Primary percutaneous coronary intervention atau Primary PCI adalah cara efektif menangani pasien yang mengalami serangan jantung untuk memulihkan kerja otot jantung dan pada akhirnya menyelamatkan nyawa pasien. Proses primary PCI mencakup penggunaan tabung kecil dan kateter dengan panduan gambar sinar-X untuk menemukan gumpalan darah beku yang disebabkan serangan jantung.

Elective PCI

Elective percutaneous coronary intervention umumnya prosedur yang sama dengan Primary PCI. Namun elective PCI dilangsungkan tidak dalam kondisi gawat darurat seperti pada pasien yang mengalami serangan jantung. Dokter akan melakukan pemeriksaan dulu secara komprehensif sebelum melakukan PCI. Nantinya, dokter menjalankan PCI sesuai dengan jadwal setelah melihat hasil pemeriksaan pasien.

Dengan demikian, perbedaan antara primary PCI dan elective PCI yang paling utama terletak pada urgensinya. Pasien serangan jantung dapat semestinya menjalani primary PCI sebagai solusi darurat demi menyelamatkan nyawanya. Sedangkan elective PCI hanya bersifat pilihan. Pasien juga dapat menjalani elective PCI setelah melalui serangkaian pemeriksaan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. dalam Elective PCI dulu sesuai PCI jadwan setelah melihat asli 

Heartology Cardiovascular Center hadir sebagai rumah sakit jantung dengan tim dokter spesialis jantung yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir, dapat menangani diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular dewasa dan anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)

Jika Anda memiliki masalah pada penjelasan diatas, segera konsultasi ke dokter spesialis jantung, silahkan daftar disini