Agustus 22, 2023
Agustus 22, 2023

Apa itu Implantable Loop Recorder (ILR)?

Heartology Cardiovascular Hospital - Heartology berkomitmen untuk memberikan pelayanan jantung dan pembuluh darah secara komprehensif yang didukung teknologi mutakhir terkini termasuk penanganan pemeriksaan ekokardiografi sehingga menghasilkan medical outcome terbaik, membantu meningkatkan kualitas dan harapan hidup pasien. Salah satunya adalah alat  perekam jantung (Implantable Loop Recorder/ILR)).

Apa itu ILR? 

Implan perekam jantung (Implantable Loop Recorder/ILR) adalah alat kecil (biasanya berukuran sama seperti USB) yang ditanamkan di bawah kulit dada di sisi kiri tulang dada. Alat ini memiliki masa pakai baterai selama dua hingga tiga tahun yang memungkinkan pemantauan jangka panjang dan konstan, sehingga spesialis kardiologi memiliki peluang yang besar untuk menangkap semua irama jantung yang tidak normal. Alat ini dianjurkan bagi pasien yang mengalami sejumlah gejala seperti sinkope (pingsan), kejang, palpitasi berulang, atau pusing. ILR paling tepat digunakan pada pasien yang mengalami gejala-gejala ini namun sering kali tidak cukup teratur untuk ditangkap oleh monitor eksternal 24-jam atau 30-hari.

Prosedur ILR

Implantasi alat dilakukan di cath lab khusus oleh spesialis elektrofisiologi di bawah anestesi lokal. Sayatan kecil (sekitar 1-2 cm) dibuat di area dada, tepat di sebelah kiri tulang dada dan ILR dimasukkan ke bawah kulit tanpa ada kabel yang dimasukkan ke dalam jantung. Biasanya, prosedur ini berlangsung sekitar 20 hingga 30 menit dan pasien bisa pulang ke rumah di hari yang sama hampir tanpa batasan terhadap aktivitas atau pekerjaannya. Heartology Cardiovascular Hospital hadir sebagai pusat layanan jantung dengan tim dokter sub-spesialis yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir untuk penanganan diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular terbaik untuk semua usia baik dewasa maupun bayi/anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman yang memberikan layanan paripurna. (RF)