Maret 16, 2023
Maret 21, 2023

Apa Itu CABG?

Coronary Artery Bypass Grafting (CABG) adalah tindakan bedah yang memperbaiki aliran darah ke otot jantung dengan membuat jalur pintas (bypass) baru dari bagian pembuluh darah yang tersumbat ke otot jantung. Jalur baru itu menggunakan pembuluh darah sehat yang diambil dari kaki, lengan atau dada pasien.

CABG merupakan jenis operasi jantung terbuka yang paling umum dilakukan di banyak negara. Bagi penderita penyakit arteri koroner, operasi ini merupakan tindakan yang bisa menyelamatkan dan memperbaiki kualitas hidup serta pada kelompok orang tertentu bisa memperpanjang usia.

Operasi CABG dapat menjadi pilihan bila:

 

  • Pasien mengalami rasa tidak nyaman pada dada atau sesak napas yang disebabkan oleh penyempitan beberapa pembuluh darah yang menyuplai darah ke otot jantung.
  • Terkadang, prodesur angioplasti dan pemasangan stent akan membantu. Namun untuk beberapa jenis sumbatan, operasi bypass koroner dapat menjadi pilihan yang lebih baik.
  • Pasien memiliki lebih dari satu penyakit arteri koroner dan fungsi otot jantungnya mengalami gangguan.
  • Artteri koroner utama kiri pasien mengalami penyempitan yang parah atau tersumbat.

Manfaat Operasi CABG

Salah satu manfaat dari operasi CABG yaitu dapat memperbaiki kualitas hidup seperti:

  • Memperbaiki usia pada kelompok pasien tertentu
  • Memperpanjang fungsi jantung sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya serangan jantung di kemudian hari
  • Meningkatkan kemungkinan untuk selamat bila mengalami serangan jantung di masa yang akan datang
  • Sebagian besar orang yang menjalani operasi CABG memiliki 80% - 90% untuk tidak mengalami gejala penyakit jantung sedikitnya dalam 10 tahun.
Risiko Komplikasi Yang Mungkin Terjadi

Secara umum, risiko terjadinya komplikasi kecil. Risiko komplikasi akan dibicarakan secara individual oleh dokter bersama pasien sebelum operasi dilakukan. Pasca Operasi CABG

Setelah pasien melalukan tindakan CABG, disarankan untuk mengikuti program rehabilitasi jantung. Dimana sebuah program latihan serta edukasi yang seringkali mulai dilakukan saat pasien masih dirawat di rumah sakit. Pasien dapat melanjutkan program rehabilitasi dalam konteks rawat jalan. Saat berada dirumah, pasien juga disarankan untuk melakukan latihan ringan dan hindari kegiatan fisik yang ekstrem sedikitnya selama 4 hingga 6 minggu.

Heartology Cardiovascular Center hadir sebagai rumah sakit jantung dengan tim dokter spesialis jantung yang berpengalaman serta didukung dengan peralatan medis yang lengkap dan mutakhir, dapat menangani diagnostik, intervensi, bedah jantung dan pembuluh darah, serta aritmia. Filosofi “Advanced. Uncompromised” merupakan komitmen Heartology dalam menyediakan layanan kardiovaskular dewasa dan anak, berbasis teknologi mutakhir dan tim dokter berpengalaman untuk memberikan layanan paripurna. (RF)