Peran Stent Jantung: Penting Pengobatan Kardiovaskular
December 6, 2023
Diseksi Aorta: Pahami Kondisinya Bagi Jantung
December 7, 2023

Holter Monitoring dan Pemeriksaan EKG: Simak Perbedaannya

Heartology Cardiovascular Hospital - Ketika menyangkut kesehatan jantung, pemeriksaan yang tepat dan akurat sangatlah penting. Dua metode pemeriksaan kesehatan jantung di antaranya adalah Holter Monitoring dan Elektrokardiogram (EKG). Kedua tes ini memiliki peran yang penting dalam mendiagnosis masalah jantung. Meskipun keduanya berfokus pada aktivitas jantung, EKG dan Holter Monitoring memiliki perbedaan yang signifikan dalam metode dan aplikasinya.

Apa Itu Holter Monitoring?

Holter Monitoring adalah prosedur non-invasif yang melibatkan perekaman terus-menerus aktivitas listrik jantung (EKG) selama periode waktu yang lebih lama. Biasanya memakan waktu dari 24 hingga 48 jam. Pasien akan memakai Holter Monitor, perangkat yang terhubung ke elektroda yang ditempelkan pada dada, merekam aktivitas jantung mereka selama aktivitas sehari-hari. Tujuan utama dari Holter Monitoring adalah mendeteksi aritmia atau gangguan irama jantung yang mungkin tidak terdeteksi dalam waktu singkat.

Apa itu Pemeriksaan Elektrokardiogram (EKG)?

Sementara itu, Elektrokardiogram, atau yang lebih dikenal sebagai EKG, adalah tes yang merekam aktivitas listrik jantung hanya untuk beberapa detik Biasanya memakan waktu kurang dari sepuluh menit. Tes ini melibatkan perekaman sinyal listrik yang dihasilkan oleh jantung saat berdetak. EKG biasanya dilakukan saat pasien dalam keadaan istirahat atau ketika merasakan gejala tertentu yang terkait dengan masalah jantung.

Perbedaan Utama Antara Holter Monitoring dan EKG

Durasi Perekaman

EKG merekam aktivitas jantung hanya selama beberapa detik saat pasien beristirahat atau mengalami gejala. Holter Monitoring merekam aktivitas jantung selama periode waktu yang lebih lama, umumnya 24 hingga 48 jam, saat pasien menjalani aktivitas sehari-hari.

Tujuan Pemeriksaan

EKG memberikan gambaran singkat tentang aktivitas jantung pada saat perekaman dilakukan. Holter Monitoring bertujuan mendeteksi gangguan irama jantung yang mungkin tidak terdeteksi dalam waktu singkat.

Kondisi Pasien

EKG dapat dilakukan sebagai pemeriksaan rutin atau dalam kasus dugaan masalah jantung. Holter Monitoring digunakan pada pasien dengan gejala irama jantung yang tidak teratur atau yang mungkin terjadi secara sporadis.

Metode Perekaman

EKG menggunakan elektroda yang ditempelkan pada dada, merekam aktivitas jantung dalam beberapa detik. Holter Monitoring melibatkan pemakaian Holter Monitor yang terhubung ke elektroda dan direkatkan pada dada pasien, merekam aktivitas jantung selama periode waktu yang lebih lama.

Keunggulan dan Kelemahan

EKG memberikan gambaran singkat tetapi mungkin tidak mendeteksi masalah yang terjadi secara sporadis. Holter Monitoring lebih efektif dalam mendeteksi gangguan irama jantung yang terjadi secara tidak teratur karena merekam aktivitas jantung dalam periode waktu yang lebih lama. Dengan pemahaman tentang perbedaan antara EKG dan Holter Monitoring, pasien dan dokter dapat memilih metode pemeriksaan yang sesuai dengan kebutuhan spesifik dalam mendiagnosis masalah jantung.

Kapan Memilih Holter Monitoring atau EKG?

Pemilihan antara Holter Monitoring dan EKG tergantung pada gejala yang dialami pasien. Jika pasien mengalami gejala yang terjadi secara sporadis atau tidak teratur, Holter Monitoring mungkin lebih direkomendasikan untuk mendeteksi masalah yang mungkin tidak terdeteksi selama pemeriksaan singkat. Sementara itu, EKG cocok untuk memberikan gambaran umum tentang kesehatan jantung seseorang dalam waktu singkat.

Holter Monitoring dan EKG

Kedua Holter Monitoring dan EKG memainkan peran penting dalam mendiagnosis masalah jantung. Dengan Holter Monitoring yang merekam aktivitas jantung dalam periode waktu yang lebih lama dan EKG yang memberikan gambaran singkat, keduanya memiliki kelebihan dan tujuan spesifiknya masing-masing.

Konsultasikan Masalah Jantung Anda Bersama Heartology

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kesehatan jantung Anda, konsultasikan dengan ahli jantung kami di Heartology Cardiovascular Hospital. Kami siap membantu Anda dalam menangani masalah jantung dan memberikan perawatan terbaik. Kunjungi website kami di Heartology Cardiovascular Hospital untuk informasi lebih lanjut dan jadwalkan konsultasi dengan tim medis kami. Kesehatan jantung adalah aset berharga, jangan ragu untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga dan memperbaikinya. Hubungi kami hari ini untuk mendapatkan perawatan terbaik untuk jantung Anda! (RF)